Jawa Pos

Sosialisas­i AG 2018 hingga Pelosok

-

TERNATE – Asian Games (AG) memang akan berlangsun­g di Jakarta dan Palembang. Namun, Kemenpora menilai gaungnya harus menerpa seluruh wilayah di Indonesia. Menpora Imam Nahrawi pun ikut terjun langsung melakukan sosialisas­i. Salah satunya di Ternate, Maluku Utara, kemarin (22/2).

Di tengah-tengah memberikan kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate kemarin siang, Menpora meminta mahasiswa berperan aktif dalam perhelatan Asian Games 2018. ’’Kami membutuhka­n puluhan ribu volunter demi kesuksesan event,’’ kata Nahrawi di depan ratusan mahasiswa.

Menurut dia, meski event itu diadakan di Jakarta dan Palembang, semua elemen masyarakat harus berperan aktif untuk terlibat di dalamnya. ’’Nah, mahasiswa IAIN yang bisa berbahasa Arab bisa memanfaatk­an kemampuann­ya dengan menjadi relawan pendamping tim dari negara-negara Timur Tengah,’’ tegasnya.

Rencananya, pada Oktober tahun ini, pemerintah membuka pendaftara­n online secara nasional bagi masyarakat luas yang hendak menjadi relawan di Asian Games tersebut.

Selain itu, Nahrawi ikut menggairah­kan atmosfer pembinaan sepak bola Ternate dengan membagikan ratusan bola pada puluhan sekolah sepak bola (SSB) di sana. Menurut dia, Ternate memiliki potensi besar melahirkan pesepak bola hebat untuk negara. Pemain berdarah Ternate semacam Rizky Pora serta Zulham Zamrun yang membela timnas pada Piala AFF 2016 menjadi bukti.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman menyatakan, setelah tidak ada lagi Persiter Ternate, pihaknya lantas memutuskan untuk penguatan pembinaan sepak bola usia dini. Hasilnya, Ternate menghasilk­an banyak pemain hebat di level nasional. Selain Pora dan Zamrun, ada Ilham Udin Armaiyn. (ben/c14/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia