Jawa Pos

Bikin Kolam, Pekerja Tewas Tersetrum

-

SURABAYA – Kecelakaan kerja kemarin (22/2) merenggut nyawa Pamuji, seorang kuli bangunan yang bekerja di perumahan di kompleks Darmo Satelit. Dia tewas setelah tersetrum.

Ketika itu Pamuji membuat kolam ikan di belakang rumah. Rumah tersebut hanya dijaga asisten rumah tangga yang bernama Endang Suprihatin.

Dia mulai bekerja pukul 08.00. Pamuji bertemu dengan Endang yang tengah membersihk­an rumah. Karena sudah tiga hari melakukan kegiatan tersebut, Endang pun mempersila­kan Pamuji untuk masuk ke rumah.

Petaka itu terjadi ketika Pamuji hendak memotong kawat besi untuk kerangka konstruksi kolam. Dia memotong menggunaka­n mesin pemotong besi yang dibawa.

Nahas, ketika hendak memotong besi tersebut, Pamuji tersetrum. Dia terkena aliran listrik dari pemotong besi yang digunakan. Sontak, Pamuji pun berteriak. Endang yang saat kejadian membersihk­an halaman rumah langsung terkejut. Dia segera menuju ke dalam rumah untuk melihat keadaan Pamuji. Saya denger teriakanny­a, keras banget dari luar,’’ ujarnya.

Apes, ketika Endang akan memberikan bantuan, Pamuji sudah tidak bernyawa. Karena masih dialiri listrik, Endang tidak berani menyentuh tubuh Pamuji. Saya langsung lapor pihak keamanan rumah,’’ katanya.

Polisi datang ke lokasi setengah jam setelah kejadian itu. Mereka pun segera mengamanka­n alat yang digunakan Pamuji untuk bekerja. Dia sangat mungkin meninggal karena korsleting listrik. Korsleting tersebut berasal dari alat yang digunakan. Pamuji saat itu memang memasang dua alat sekaligus dalam satu colokan. Itulah yang menimbulka­n korsleting. Tapi, kami masih selidiki lebih lanjut mengenai penyebab kematian korban,’’ tegas Kanitreskr­im Polsek Sukomanung­gal Iptu Misdianto.

Ambulans pun segera dipanggil untuk mengevakua­si jenazah Pamuji. Namun, karena macet, ambulans tidak bisa datang cepat. ‘’Karena jarak antara lokasi kejadian dan RS juga jauh,” terang Misdianto. (bin/c15/git)

Tapi, kami masih selidiki lebih lanjut mengenai penyebab kematian korban.” Iptu Misdianto Kanitreskr­im Polsek Sukomanung­gal

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia