Jawa Pos

Yuk, Besok Ramai-Ramai Ikut Trash Mob Akbar

-

SIDOARJO – Masih ingat trash

Ya, itulah bersih-bersih masal yang digeloraka­n dalam program Sidoarjo Zero Waste 2016. Nah, kali ini trash mob akbar bakal kembali diadakan untuk memperinga­ti Hari Peduli Sampah Nasional.

Trash mob akbar itu dilak sanakan besok ( 24/ 2) di parkir timur GOR Delta mulai pukul 06.00 hingga selesai.

Sejatinya, Hari Peduli Sampah Nasional jatuh pada Selasa ( 21/ 2). Namun, peringatan di Kota Delta baru dilaksanak­an Jumat besok. Tujuannya, gebyarnya semakin terasa. Acara tersebut juga menjadi bagian dari komitmen dinas ling kungan hidup dan kebersihan ( DLHK) dengan dukungan Jawa Pos untuk mengam panyekan target Sidoarjo nol sampah pada 2018

Acara besok dipastikan sangat seru. Tidak hanya bersih-bersih, seluruh peserta juga akan diajak bernostalg­ia lewat senam masal. Yakni, senam go green bersama. Selain itu, ada senam zumba dan aerobik. Karena itu, bagi warga yang hobi senam, silakan saja datang beramai-ramai. Apalagi, ada hiburan seru seperti penampilan grup musik Klantink.

Mereka yang datang boleh pegawai negeri sipil (PNS), organisasi masyarakat (ormas), organisasi kepemudaan (OKP), komunitask­omunitas, pelajar, mahasiswa, hingga warga dari berbagai pelosok desa sekalipun. ’’Pokoknya, rugi kalau tidak ikut menjadi bagian dari sejarah peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Sidoarjo besok,’’ tegas Yohan Gita Tamtama, person in charge (PIC) Trash Mob Akbar Hadi Peduli Sampah Nasional.

Menurut dia, aksi itu bertujuan menyamakan persepsi dari setiap lapisan masyarakat bahwa sampah sudah menjadi masalah bersama. Karena itu, penanganan­nya pun harus dilakukan dengan bahu-membahu. ’’Penyampaia­n pesan untuk mengelola sampah bersama-sama pastinya semakin asyik dengan acara yang seru begini,’’ ujarnya.

Untuk para pelajar, agenda besok sekaligus menjadi pembelajar­an materi lingkungan. Beberapa perusahaan juga ikut serta sebagai bentuk pentingnya peran pihak swasta dalam menjaga kualitas lingkungan. Adapun para PNS, mereka juga diharapkan muncul sebagai wujud kepedulian pemkab dalam menanggula­ngi permasalah­an sampah.

’’Ini bukan hanya tugas DLHK, tapi tantangan dan masalah kita semua,’’ tegas Kepala DLHK Sidoarjo M. Bahrul Amig.

Dalam acara tersebut, juga akan dilakukan pelantikan satuan tugas (satgas) kebersihan seKabupate­n Sidoarjo. Mereka langsung dilantik Bupati Saiful Ilah. Pengukuhan itu sesuai dengan SK menteri yang mewajibkan setiap daerah memperinga­ti Hari Peduli Sampah Nasional.

’’Ke depan harus ada tindak lanjut. Nanti setiap kecamatan harus punya satgas kebersihan di setiap RT dan RW. Jadi, masyarakat dari semua lini harus dilibatkan untuk menuntaska­n problem sampah,’’ katanya. (via/c5/hud)

 ??  ?? mob?
mob?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia