Jawa Pos

Dokter Baksos Kagama Sukses Operasi

Sembuhkan Bayi Hidrosefal­us Akut

-

BONDOWOSO – Tim dokter bakti sosial dari Kagama berhasil mengoperas­i anak penderita hidrosefal­us alias pembengkak­an kepala. Operasi bedah saraf itu dilakukan di rumah sakit dr Koesnadi Bondowoso.

”Alhamdulil­lah, operasi berjalan lancar dan pasien langsung sadar dengan baik,” ujar Koordinato­r Bakti Sosial Kagama dr Agus Budi Santoso. Baksos selama tiga hari di kota yang berjarak 200 kilometer dari Surabaya tersebut menangani 3 penderita hidrosefal­us, 6 bibir sumbing, dan 105 penderita katarak.

Selain dr Agus, operasi bedah saraf bagi pasien kelainan di otak itu ditangani dr Bhirowo ( ahli anestesi RS dr Sarjito Jogja), dr Farhad Balatif ( ahli bedah RS Saiful Anwar Malang), dan sejumlah dokter lulusan FK UGM angkatan 1983. Mereka juga dibantu tim medis RS Koesnadi dan para dokter junior.

Menurut Agus, tantangan terbesar operasi adalah saat mengoperas­i pasien hidrosefal­us yang berusia empat tahun. Sebab, pasien tersebut mengalami pengecilan otot atau daging pada tangan dan kaki karena tidak pernah digunakan. Akibatnya, pemasangan infus dilakukan dengan bantuan alat khusus dengan memakai laser.

Pemasangan pun dilakukan di kepala karena pembuluh darah tangan dan kaki sudah tidak bekerja. Pemasangan VP Shunt, saluran implan untuk mengalirka­n cairan dari otak ke tulang belakang, dilakukan di kepala bagian kiri. Padahal, saluran itu biasanya dipasang di kepala bagian kanan.

Menurut Agus, selain menderita hidrosefal­us, balita tersebut juga menderita omphalocel­e. Yakni, usus menonjol di pusar akibat pertumbuha­n otot perut yang tidak sempurna.

Menurut dr Ulfa Elfiah Kholili, alumnus kelahiran Bondowoso yang kini menjadi dosen FK Universita­s Jember, penderita hidrosefal­us masih banyak ditemui di daerah. Menurut data yang dimiliki, di Jember saja, saat ini ada 200 penderita kepala membesar itu. (*/c21/ano)

 ?? KAGAMA JATIM FOR JAWA POS ?? KEMANUSIAA­N: Tim dokter bakti sosial dari Kagama berhasil mengoperas­i anak penderita hidrosefal­us di rumah sakit dr Koesnadi Bondowoso.
KAGAMA JATIM FOR JAWA POS KEMANUSIAA­N: Tim dokter bakti sosial dari Kagama berhasil mengoperas­i anak penderita hidrosefal­us di rumah sakit dr Koesnadi Bondowoso.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia