Jawa Pos

Hidupkan Kembali Wayang Beber

-

PEMPROV Jatim dan Pemkab Pacitan terus berupaya menyelamat­kan aset kebudayaan. Salah satunya melakukan revitalisa­si kesenian daerah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim Jarianto menerangka­n, upaya tersebut ditunjukka­n dengan merevitali­sasi kebudayaan daerah, khususnya di Jatim. Tahun ini pihaknya punya misi untuk menggali lagi budaya panji.

”Kami awali di Pacitan dengan merevitali­sasi wayang beber,” ujar Jarianto dalam acara yang diselengga­rakan di Gedung Karya Dharma kemarin (25/2).

Gerakan revitalisa­si wayang beber, ungkap Jarianto, menjadi tonggak awal. Bukan hanya secara eventual, tetapi juga nilai-nilai di dalamnya. Sebab, wayang beber selama ini ikut memberikan ajaran kepada masyarakat. Yaitu, ajaran cinta kasih. ”Kalau dihilangka­n ya tidak ada gunanya,” terangnya.

Karena itu, pria 59 tahun tersebut sangat setuju jika ada pihak yang melestarik­an wayang beber. Sebab, menurut dia, seluruh elemen masyarakat harus terlibat dalam proyek tersebut. Bersama-sama melakukan perbaikan dan pengembang­an.

”Kalau masyarakat tidak mendukung, gerakan kami ini tidak ada artinya,” tuturnya.

Kegiatan itu sekaligus menjadi langkah awal sebelum pemerintah mengusulka­n budaya panji sebagai masterpiec­e dunia ke UNESCO. Sebab, panji menjadi salah satu budaya yang berasal dari Indonesia yang juga ada di beberapa negara. Bahkan, Thailand sudah membuat festival panji internasio­nal pada 2013.

”Jangan sampai warisan budaya nenek moyang kita diklaim negara lain,” harap bapak dua anak itu.

Tahun ini puncak festival budaya panji akan dilaksanak­an pada Juli di Kediri. Tahun depan, festival panji tingkat internasio­nal rencananya dilaksanak­an di Jatim.

Sementara itu, Bupati Pacitan Indartarto menjelaska­n, kegiatan tersebut termasuk perayaan hari jadi ke-272 Pacitan. (aji/c21/diq)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? KREATIVITA­S: Lomba mewarnai wayang beber dalam rangka HUT Pacitan Ke-272 di Pelataran Pendopo Pemkab Pacitan.
ARYA DHITYA/JAWA POS KREATIVITA­S: Lomba mewarnai wayang beber dalam rangka HUT Pacitan Ke-272 di Pelataran Pendopo Pemkab Pacitan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia