Jawa Pos

Tebus Sial di Laga Ke-300

-

MADRID – Barcelona adalah mimpi buruk bagi Diego Simeone. Cholo –julukan Simeone– kerap tersandung jika bertemu raksasa Catalan tersebut. Total, dalam 20 pertemuan melawan Barca –sebutan Barcelona– atau sejak 23 Desember 2011, Simeone hanya bisa membukukan dua kemenangan. Dua kemenangan tersebut diraih saat bentrok di Liga Champions. Sementara itu, di kancah domestik, belum sekali pun Simeone mampu menaklukka­n Barca.

Kans untuk buang ’’sial’’ terbuka nanti malam saat Simeone dan pasukannya menjamu Barca di Vicente Calderon. Peluang? Ya, itu terjadi karena motivasi Atleti –julukan Atletico– sedang tinggiting­ginya. Itu seiring dengan kemenangan 4-2 atas Bayer Leverkusen pada babak 16 besar Liga Champions Rabu lalu (22/2). Kemenangan tersebut menunjukka­n bahwa Gabi dkk mulai rakus di depan gawang. Sebab, sebelumnya (18/2), mereka juga menang 4-1 atas Sporting Gijon di La Liga. Sebaliknya, setelah dibantai PSG dengan skor telak 0-4, Barca ’’hanya’’ bisa memetik kemenangan tipis 2-1 atas Leganes (20/2). Itu pun gol penentu kemenangan baru tercipta pada menitmenit terakhir.

Simeone makin penasaran untuk mengalahka­n Barca. Sebab, duel nanti malam merupakan laga ke-300-nya bersama3 Los Colchonero­s –julukan lain Atletico. ’’Selalu ada motivasi berlipat menyongson­g pertanding­anpertandi­ngan krusial,’’ kata Simeone kepada AS. ’’Meski demikian, saya sadar melawan Barca selalu menjadi pertanding­an yang sulit bagi kami,’’ ujar pelatih asal Argentina itu.

Simeone tak sepakat dengan anggapan bahwa Barca tengah memasuki periode sulit. ’’Setiap tim senantiasa menghadapi masa sulit, termasuk Barca. Namun, Anda salah besar kalau meremehkan Barca dan menyebut mereka dalam kondisi terpuruk,’’ ujar bapak empat anak itu.

Menuju laga ini, Simeone sudah menyertaka­n nama bek Diego Godin dalam skuadnya. Pemain 31 tahun tersebut sempat mengalami cedera pangkal paha selama dua pekan.

Demikian juga kiper Jan Oblak yang absen sekitar empat bulan karena dislokasi bahu. Ketika melawan Leverkusen (22/2), kiper Slovenia itu sudah masuk daftar line-up.

Di barisan penyerang, Simeone belum memutuskan apakah Fernando Torres atau Kevin Gameiro yang menjadi tandem bagi Antoine Griezmann. Gameiro, dalam dua laga terakhir, membikin empat gol. Masing-masing hat-trick versus Gijon (18/2) dan satu gol melawan Leverkusen (22/2).

Tapi, peran Torres tak bisa dikesampin­gkan. Pemain berjuluk El Nino itu adalah momok bagi gawang Barca. Dari 20 kali bertemu Barca, Torres sudah mencetak 11 gol. Sementara itu, Esporte kemarin (25/2) menulis bahwa pertanding­an melawan Atletico akan menjadi penentu masa depan entrenador Barca Luis Enrique. Seandainya menang atas Atletico, Barca tetap berada di jalur persaingan juara. Otomatis, kontrak Enrique mungkin diperpanja­ng. (dra/c19/bas)

 ?? JAVIER SORIANO/AFP PHOTO ?? AWAS TERJEGAL: Lionel Messi (kanan) melompat menghindar­i tekling Antoine Griezmann pada laga leg pertama semifinal Copa del Rey lalu (1/2).
JAVIER SORIANO/AFP PHOTO AWAS TERJEGAL: Lionel Messi (kanan) melompat menghindar­i tekling Antoine Griezmann pada laga leg pertama semifinal Copa del Rey lalu (1/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia