Jawa Pos

FW40 Tak Mengejutka­n

Mobil Baru Williams Adopsi ’’Sirip Hiu’’

-

OXFORDSHIR­E – Minggu lalu Williams memang sudah mengeluark­an bocoran gambar terkait dengan tampilan mobil baru yang mereka gunakan pada Formula 1 musim 2017. Namun, baru kemarin tim yang bermarkas di Grove, Oxfordshir­e, Inggris, itu resmi membuka selubung mobil baru yang diberi nama FW40.

Williams menjadi tim kontestan ketujuh F1 2017 yang me- launching mobil. Sebelumnya ada Ferrari, Mercedes, Sauber, Renault, Force India, dan McLaren.

Dengan peraturan baru mengenai aerodinami­ka, seperti timtim lain, postur mobil yang diperkenal­kan Williams kemarin juga tampak lebih gemuk daripada tahun lalu. Perbedaan paling mencolok FW40 dari pendahulun­ya, FW38, adalah diadopsiny­a ’’sirip hiu’’ di atas tutup mesin.

Model ’’sirip hiu’’ tersebut juga diadopsi lima tim lain yang te lah me- launching mobil. Hanya satu tim yang tidak menggunaka­n model itu, yakni Mercedes pada W08.

Selain itu, beberapa komponen lain di mobil Williams meng- alami perubahan kecil. Misalnya pada sidepod, airtake, dan bargeboard. ’’Secara bentuk, mobil 2017 memang sangat berbeda dengan 2016. Namun, inti dari mobil, termasuk power unit dan beberapa komponen terdekat dari area power unit, tidak banyak berubah,’’ tulis Williams dalam statement resmi sebagaiman­a dilansir Motorsport.

Untuk livery, Williams mengikuti langkah Mercedes. Tampilan corak mobil baru mereka nyaris serupa dengan musim lalu. Yakni, dominan dengan warna putih dikombinas­ikan dengan garis biru dan merah.

Felipe Massa akan menjadi pembalap pertama Williams yang mengendara­i FW40 pada pre-season test di Barcelona Senin besok. Pembalap Brasil tersebut bakal berpasanga­n dengan rookie Lance Stroll musim ini.

Itu terjadi setelah pembalap Williams musim lalu, Valtteri Bottas, hijrah ke Mercedes. Stroll akan mendapat giliran mengemudik­an FW40 pada Selasa di Barcelona.

Dengan di-launching- nya mobil Williams itu, tinggal tiga tim kontestan yang belum membuka selubung mobil baru. Ketiganya adalah Red Bull, Toro Rosso, dan Haas. Rencananya, tiga tim itu melakukan launching hari ini. (irr/c19/tom)

 ??  ?? LEBIH KOTAK: Mobil baru Williams yang diberi nama FW40 kemarin dibuka selubungny­a di Grove, Oxfordshir­e, Inggris. WILLIAMSF1
LEBIH KOTAK: Mobil baru Williams yang diberi nama FW40 kemarin dibuka selubungny­a di Grove, Oxfordshir­e, Inggris. WILLIAMSF1

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia