Jawa Pos

Time Trial sebelum Tampil di Singapura

Latihan Bersama Tim Rusia di Bali

-

JAKARTA – Persiapan tim pelatnas renang proyeksi SEA Games 2017 kian intensif. Skuad yang tengah menjalani desentrali­sasi di Bali kemarin menggelar Total ada 19 perenang yang mengikuti kegiatan tersebut.

Sebanyak 17 perenang dalam skuad itu adalah perenang Pelatnas Prima Utama. Dua orang lainnya berasal dari Pelatnas Prima Pratama. Ajang tersebut menjadi modal untuk tampil di ajang 48th Singapore National Age Group Swimming Championsh­ips pada 10–12 Maret 2017.

Pelatih pelatnas renang Indonesia David Armandoni menilai para atletnya memperliha­tkan progres yang cukup optimal. Salah seorang adalah Ressa Kania Dewi yang masih memegang rekornas nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri.

Kemarin Ressa mencatatka­n waktu 2 menit 22,20 detik. Itu terpaut sekitar satu detik dari rekornas (2 menit 19,22 detik) yang dia cetak pada PON XIX/2016. ” Dalam time trial ini tidak ada yang spesifik,” sebut David dalam surat elektronik PB PRSI.

Hanya, kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya yang dijalankan timnya sebelum menghadapi tryout ke Singa- pura. ”Kami ingin melihat situasi bertanding anak-anak supaya mereka terlatih kembali di kejuaraan resmi,’’ lanjut pria asal Prancis itu.

Setelah berlatih cukup berat sekitar enam minggu terakhir, tim pelatih mengingink­an para perenang pelatnas berada di level kompetisi. Sebab, mereka akan menghadapi uji coba di lima event sebelum SEA Games 2017. Termasuk di Islamic Solidarity Games dan Kejurnas 2017.

Optimisme yang tinggi juga disampaika­n pelatih pelatnas lain, Hartadi Nurtjojo. Menurut dia, dengan kondisi latihan berat saja, perenang pelatnas bisa tampil cukup impresif. ”Artinya, kami juga ingin mereka bisa lebih maksimal pada fase kompetisi nanti,” sebutnya.

Sementara itu, tim pelatnas renang juga mendapat kesempatan berlatih bersama perenang Olimpiade asal Rusia, yakni Yuliya Efimova, Vera Kalashniko­va, dan Andrey Nikolaev. Ketiganya bersama pelatih Andrey Yefimov berlatih di Kolam Renang Tirta Arum, Bali. Sebagaiman­a diketahui, Efimova adalah peraih medali perak nomor 200 meter gaya dada putri di Olimpiade Rio 2016.

”Mereka senang berlatih di sini, biayanya murah, dan orang Bali yang ramah jadi pertimbang­an,” sebut Albert C. Sutanto, pelatih pelatnas Indonesia lainnya. Dalam kesempatan itu, Albert cukup senang karena tim Rusia mengajarka­n teknik gaya dada yang bisa mendorong percepatan waktu tim pelatnas Indonesia. (nap/c7/ady)

 ??  ?? time trial.
time trial.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia