Jawa Pos

Laga Akan Semakin Kompetitif

Technical Meeting Honda DBL East Java Series 2017– North Region Penyisihan Awal

-

SURABAYA – Babak utama Honda Developmen­tal Basketball League (DBL) East Java Series 2017-North Region memang baru berlangsun­g pada Juli mendatang. Namun, suasana tegang kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia itu terasa sejak berlangsun­gnya technical meeting (TM) babak penyisihan awal kemarin (25/2). Berlangsun­g di Semanggi Room, lantai 5 Graha Pena, Surabaya, 32 tim basket cowok dan 28 tim basket cewek nantinya bertarung untuk memperebut­kan kursi ke babak utama.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini para peserta disuguhi banyak peraturan baru yang membuat pertanding­an semakin kompetitif. Dari segi sistem permainan, coach akan lebih leluasa memilih siapa yang akan bermain di kuarter pertama dan kedua. Sebab, tidak ada pembagian kelompok seperti musim lalu di regulasi terbaru.

Peraturan respect the game yang sebelumnya diberlakuk­an untuk tim dengan margin point mencapai 30 atau lebih diubah menjadi 20 poin dan mulai berjalan sejak terhitung di kuarter pertama. Sesuai dengan peraturan tersebut, tim yang unggul dengan selisih skor 20 poin atau lebih tidak diperkenan­kan menggunaka­n full

court defense atau half court defense dan harus menggunaka­n pola permainan man-to-man inside three point.

’’ Kita mengubah menjadi 20 poin dan mulai di awal kuarter karena ingin melihat pertanding­an lebih kompetitif lagi. Apalagi, di Surabaya dengan sistem ini kompetisi Honda DBL akan semakin menarik,’’ kata Muhammad Iqbal Salim, basketball

operations DBL Indonesia. Para tim peserta Honda DBL East Java Series 2017-North Region Penyisihan Awal juga harus ekstrakerj­a keras. Sebab, di musim ini tim yang lolos ke babak utama akan mengalami penguranga­n. Total delapan tim putra akan diambil masing-masing juara grup dan hanya tujuh runner-up grup terbaik yang akan lolos. Satu tiket sisanya akan diperebutk­an tim dari Gresik pada laga Road to Honda DBL yang berlangsun­g akhir Maret.

Karena semakin banyaknya minat peserta dari wilayah Gresik, Lamongan, dan Tuban, kita harus tampung mereka dengan mengadakan Road to Honda DBL tersebut,’’ jelas Anjaru Eriat Ramadhan, events asistant manager DBL. Anjaru menambahka­n, tim putri akan tetap diambil juara dari total tujuh grup di penyisihan awal tersebut.

Jika dilihat dari hasil drawing, peta kekuatan tim belum bisa ditebak. Semua tim berpotensi besar untuk lolos ke babak utama. Hernando Gerry, siswa SMAN 1 Gedangan, Sidoarjo, mengatakan diuntungka­n dengan hasil drawing yang menempatka­n timnya di Grup H1. Saya optimistis bisa menerjang semua lawan yang satu grup dengan saya dengan menambah porsi latihan pastinya,’’ ungkapnya.

Babak penyisihan awal Honda DBL East Java Series 2017-North Region penyisihan awal berlangsun­g pada 10–22 Maret 2017 di DBL Arena Surabaya. Hasil bisa dibaca di halaman

esok hari. (pur/c15/nda)

 ?? DANIEL B. PRATOMO / DBL INDONESIA ?? drawing Jawa Pos BERSAING: Hernando Gerry, siswa SMAN 1 Gedangan (kiri), dan Vicky, siswa SMAN 19 Surabaya (kanan), mengambil drawing terakhir saat technical meeting di Semanggi Room Graha Pena.
DANIEL B. PRATOMO / DBL INDONESIA drawing Jawa Pos BERSAING: Hernando Gerry, siswa SMAN 1 Gedangan (kiri), dan Vicky, siswa SMAN 19 Surabaya (kanan), mengambil drawing terakhir saat technical meeting di Semanggi Room Graha Pena.
 ??  ?? PEMANASAN: Nicoltta, SMA Petra 1 Surabaya, menampilka­n aksi terbaiknya saat battle dance sebelum TM dimulai.
PEMANASAN: Nicoltta, SMA Petra 1 Surabaya, menampilka­n aksi terbaiknya saat battle dance sebelum TM dimulai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia