Jawa Pos

Mahasiswa UKWMS Bikin Koran

-

SURABAYA – Membuat koran tidaklah mudah. Setidaknya, hal tersebut dirasakan Margaretha Yulianti. Mahasiswa semester 6 Prodi Akuntansi Fakultas Bisnis Universita­s Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) itu kemarin (25/2) menjadi peserta lomba membuat koran di kampusnya.

Margaretha harus bekerja keras. Dia mewawancar­ai narasumber terkait dengan tema revolusi bisnis tradisiona­l, khususnya di bidang fashion. ’’Rupanya mencari narasumber itu juga tidak mudah. Kami harus keliling mal untuk cari orang yang sesuai tema kami,’’ tuturnya.

Dalam kompetisi tersebut, Margaretha memilih ripped jeans sebagai benda yang dibahas. Jins, menurut dia, ada sejak dulu dan dipakai hingga kini. Hanya model dan padu padan dengan pakaian lain yang berubah-ubah.

Kompetisi yang diselengga­rakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fakultas Bisnis UKWMS tersebut berlangsun­g sehari. Namun, pengerjaan­nya dilangsung­kan sejak dua pekan lalu. Kemarin para peserta diminta mempresent­asikan isinya.

Ketua LPM Fakultas Bisnis UKWMS Chyntia Hans menjelaska­n, selembar koran harus memuat beberapa rubrik. Antara lain, foto, berita utama, sketsa, opini, dan artikel pendukung lain. ’’Setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk mempresent­asikan karya,’’ katanya.

Bukan hanya itu, para peserta yang terdiri atas mahasiswa UKWMS tersebut juga sudah menjalani workshop pembuatan koran. Mulai konten hingga cara mengatur rubrik. Jadi, mereka bisa lebih matang ketika mengikuti perlombaan itu.

Kompetisi membuat koran akhirnya dimenangka­n Daniel Kevin Anggono dan Leo Agung Cahyadi. Tema Tranformas­i Bisnis Transporta­si yang dibawakan keduanya mampu memikat juri. Yakni, Kepala Komparteme­n Metropolis Jawa Pos Doan Widhiandon­o dan Dosen Manajemen UKWMS Dr Fenika Wulani.

Selain koran, para peserta diminta membuat berita dalam bentuk video. Chyntia berharap kegiatan tersebut bisa mengenalka­n cara-cara penyajian sebuah berita kepada teman-temannya. ’’Jadi, mereka tahu kalau berita tidak hanya lewat cetak, tapi juga bisa disajikan dalam bentuk video,’’ ucapnya. (ant/c15/nda)

 ?? CHYNTIA HANS FOR JAWA POS ?? PEMENANG: Dari kiri, Daniel Kevin Anggono, Leo Agung Cahyadi, dan Kepala Komparteme­n Metropolis Jawa Pos Doan Widhiandon­o.
CHYNTIA HANS FOR JAWA POS PEMENANG: Dari kiri, Daniel Kevin Anggono, Leo Agung Cahyadi, dan Kepala Komparteme­n Metropolis Jawa Pos Doan Widhiandon­o.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia