Jawa Pos

Hari Ini Puncak Pasjo

-

SIDOARJO – Kemeriahan event Pasar Sidoarjo (Pasjo) di Perumahan Natura Residences memuncak. Beragam acara dikemas apik pihak penyelengg­ara pada hari kedua. Ada lomba mewarnai yang dikuti ratusan anak TK hingga aksi disk jockey (DJ)

Pengunjung terus memadati area Pasjo di Jalan Raya Stadion, Desa Siwalan Panji, Buduran, yang mengusung konsep food truck & branded sale carnival tersebut.

”Tadi mewarnai gambar rumah, mobil, sama matahari,” ucap Nadya Syakira Akireina, siswi Raudhatul Athfal Muslimat 138 yang menjadi juara I lomba mewarnai bertema lingkungan perumahan. Dia sukses meraih nilai tertinggi dengan mengalahka­n 252 peserta lain. Sebelumnya, selama sejam, anak-anak itu mengkreasi­kan imajinasi di atas kertas A4.

Juara II jatuh ke tangan Cheryl Aurelia dari TK Bhayangkar­i 83. Sementara itu, juara III berhasil diraih Cantika Putri dari TK Bhayangkar­i Porong.

Seratus orang kemarin juga saling beradu cepat makan mi bledek, mi hasil racikan Rumah Makan Koki Kita. Seratus orang tersebut dibagi menjadi sepuluh sesi. Masing-masing pemenang dari sepuluh sesi tersebut kembali bertanding di babak final untuk memperebut­kan posisi 1, 2, dan 3.

Sepanjang hari tak pernah sepi. Sejumlah penyanyi dan band bergantian memeriahka­n acara. Penampilan dari komunitas juga tak kalah seru. Misalnya, komunitas KreaSidoar­jo. Komunitas lettering dan kaligrafi itu kemarin menunjukka­n aksi dengan membuat lettering. Tak tanggungta­nggung, mereka membuka sesi tanya jawab sekaligus sharing.

” Lettering itu menggambar huruf, sedangkan kaligrafi menulis indah,” ujar Ketua KreaSidoar­jo Kresnayana. Menurut dia, kaligrafi tidak hanya menulis dalam bahasa Arab, tapi juga bahasa Indonesia. Prinsip utama menulis kaligrafi adalah rangkaiann­ya yang tidak boleh terputus. Antara huruf satu dan lainnya langsung menyambung.

Lettering, lanjut dia, memang dimaksudka­n untuk menggambar huruf. Jadi, proses menggambar­nya bisa terpisah satu per satu. ”Pewarnaann­ya bisa pakai apa saja. Bisa kapur warna, cat, atau pilox,” terangnya.

Persatuan Disc Jockey Indonesia (PDJI) Jawa Timur juga tak mau ketinggala­n. Sejak sore, mereka stand by di booth untuk melayani pengunjung yang ingin tahu tentang dunia DJ. Karena itu, mereka membawa sejumlah alat DJ seperti 3 unit digital turntable player sekaligus mixer dan Ipad. ”Biar bisa face-to-face. Mereka bebas bertanya,” ujar Ketua Umum PDJI Jatim Panji Setiawan.

”Di booth bisa lihat demo langsung DJ Scratch, introducto­ry DJ-ing, dan pengenalan dasar DJ equipment,” tambahnya. Sejak pukul 20.00–21.50, pengunjung menikmati penampilan lima DJ dari PDJI Jatim. Diawali DJ Maliq Thedeejayk­ids, DJ Ferdy Tambun, DJ Marion Davies, DJ Emberry, dan DJ AchoxvoltA & Sonixx.

Komunitas Cosplay Surabaya (Cosura) pun berbaur dengan pengunjung. Tentu, mereka mengenakan beragam kostum cosplay yang unik. Ada kostum tokoh Megamen dan Hellboy.

Hari ini (26/2) Pasjo yang digelar untuk memperinga­ti ulang tahun ke–14 PT Graha Mukti Indah (GMI) Group akan mencapai klimaks. Sejak pukul 05.00, acara dimulai. Diawali dengan zumba party. Sejam kemudian, akan ada jalan sehat bersama dengan hadiah utama sepeda motor. Ada game keluarga seperti balap karung dan balap bawa balon. Babak final kompetisi dance dan band juga digelar hari ini.

Sebanyak 80 booth menarik tentu masih tersedia. Banyak tawaran diskon hingga 80 persen. Tak ketinggala­n, PT GMI memberikan penawaran yang istimewa. Ada promo besar-besaran. Setiap pengunjung yang booking rumah atau ruko mulai 24–26 Februari ini akan bebas dari biaya realisasi KPR, BPHTB, dan biaya SHM bernilai ratusan juta rupiah. Apalagi, Natura Residences kini membuka cluster baru, yakni Winterland. Harganya sangat terjangkau. Yakni, Rp 600 juta-an. (uzi/c16/pri)

 ?? SHELA TAMARA/JAWA POS ?? KOSTUM JAGOAN LINTAS NEGARA: Perwakilan Jawa Pos M. Prasodjo dan Direksi Natura Residences Novri Susanti bergaya bersama Komunitas Cosura di depan panggung Pasjo kemarin.
SHELA TAMARA/JAWA POS KOSTUM JAGOAN LINTAS NEGARA: Perwakilan Jawa Pos M. Prasodjo dan Direksi Natura Residences Novri Susanti bergaya bersama Komunitas Cosura di depan panggung Pasjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia