Jawa Pos

Industri Masih Primadona Pencari Kerja

-

GRESIK – Sektor industri tetap mendominas­i. Bukan hanya soal urusan pendapatan daerah, sisi ketenagake­rjaan juga kukuh. Industri masih menjadi primadona bagi para pencaker (pencari kerja).

Dinas Penanaman Modal dan PTSP Gresik mencatat, realisasi investasi PMDN selama 2016 mencapai Rp 3,98 triliun. Ada 40 proyek baru di Gresik. Jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai 4.673 orang. Sebagian besar berada di sektor industri. ’’Taksiranny­a bisa lebih dari 60 persen,’’ jelas Kabid Penempatan Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Gresik Kencono Subroto.

Pria asal Semarang itu menyatakan, banyak posisi yang diburu pencaker. Mulai operator mesin, staf HRD, staf gudang, hingga pegawai produksi. Profesi tersebut, lanjut Kencono, semakin diserbu peminat. Pemburunya juga berasal dari luar daerah. Mereka berkompeti­si mengisi lowongan yang terbatas.

’’Ini adalah salah satu alasan mengapa kami sering mengadakan pelatihan di bidang industri,’’ kata Kencono. Dia mengingatk­an pentingnya kelas industri. Materi dan praktik di sekolah dengan disokong perusahaan akan optimal untuk mengurangi penganggur­an.

Sektor industri apa yang menyerap tenaga kerja paling banyak? DPM dan PTSP Gresik mencatat, semua industri merekrut pekerja. Namun, jumlahnya memang berbeda-beda. Yang menyerap pekerja paling banyak adalah industri logam dan nonlogam. Tahun lalu, ada 954 orang yang masuk ke bidang tersebut. ( Lihat grafis)

’’Selain industri, ada beberapa sektor lain yang potensial. Misalnya, perbankan, konstruksi, dan perhotelan,’’ ungkap Kencono.

Dia mengakui, data penyerapan tenaga kerja masih terus disempurna­kan. Catatan bisa berubah-ubah. Sebab, belum semua perusahaan baru melaporkan pekerja mereka. (hen/c23/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia