Jawa Pos

Pohon Bambu dan Jati Timpa Jaringan Listrik

-

MENANGGAPI keluhan Saudari Ichtitatu Lailiyah melalui Pembaca Menulis edisi 25 Februari yang berjudul Sering Padam meski Tak Hujan, kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknya­manannya. Dapat kami sampaikan bahwa penyebab padamnya listrik yang dialami pelanggan bersangkut­an selama beberapa waktu bukanlah pemadaman yang disengaja atau bergilir. Melainkan, faktor-faktor di luar kendali petugas PLN.

Misalnya, jaringan listrik yang putus bersamaan adanya sambaran petir. Pernah pula beberapa kali pohon bambu menimpa jaringan listrik akibat angin kencang, pohon jati warga yang roboh hingga mengenai jaringan, dan binatang seperti ular dan tikus yang menyentuh jaringan.

Berkaitan dengan pohon- pohon yang mendekati jaringan listrik dan berpotensi menimbulka­n gangguan padam, PLN sudah menerjunka­n regu perantinga­n pohon. Mereka telah memangkas dahan dan ranting pohon yang mendekati jaringan listrik. Termasuk pada jaringan yang menyuplai pelanggan bersangkut­an.

Kami mengimbau masyarakat yang memiliki perkebunan jati dan tanaman atau pohon lainnya yang mendekati jaringan listrik untuk membantu PLN menjaga jarak aman jaringan listrik dengan lingkungan sekitar. Untuk pohon, jarak amannya minimal 2,5 meter. Bila ada regu perantinga­n pohon dari PLN yang datang, kami mohon masyarakat bersedia pohon miliknya dipangkas demi keamanan bersama. I MADE INDRA WIJAYA,

PLN Rayon Benjeng

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia