Jawa Pos

Membuat Desain yang Disukai

- Eric Pramono Direktur Ciputra Entreprene­urship

”SAYA memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman di bidang fashion design serta ingin memulai menjual baju hasil desain karya saya. Bagaimana cara saya membuat desain yang disukai banyak orang?” Sari, Malang Jawab: Semua produk dibeli konsumen karena dipercaya mampu memberikan solusi bagi permasalah­an yang ada. Untuk produk fashion, konsumen membeli karena percaya bahwa produk tersebut dapat membuat mereka terlihat lebih menarik.

Karena itu, kita harus memahami siapa konsumen kita, konteks saat produk kita akan dikenakan mereka, serta faktor apa saja yang dapat membuat seseorang dinilai menarik penampilan­nya. Apakah baju itu dikenakan saat bekerja/berkuliah, baju untuk pesta, baju untuk olahraga, atau baju untuk di rumah? Siapakah yang menjadi segmen utama konsumen kita? Untuk konteks penggunaan yang ingin kita desain, apakah yang menjadi trend fashion saat ini? Siapakah yang menjadi trendsette­r di kalangan segmen utama konsumen kita?

Langkah berikutnya adalah bagaimana kita dapat mencari orang-orang yang mampu merepresen­tasikan segmen konsumen kita itu. Kemudian, libatkan mereka dalam proses desain. Tidak hanya menunjukka­n gambar sketsa dan mencobakan baju prototipe, tapi juga mencari tahu sebenarnya baju tersebut mempunyai tugas apa dalam kehidupan mereka.

Kenapa mereka merasa perlu membeli baju baru? Apa masalah yang belum mampu dipecahkan baju-baju yang dibeli sebelumnya? Temukan apa yang menjadi harapan dan kebanggaan mereka. Lalu, wujudkan hal itu dalam desain baju yang mereka dambakan dan percayai mampu membuat tampilan lebih menarik.

Salam entreprene­ur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia