Jawa Pos

Tuntut Park Mundur sebelum Putusan MK

-

SEOULSE – Ratusan ribu pendud duduk Seoul, Korea Selatan (Ko (Korsel), memadati Gwanghwa hwamun Square Sabtu petang ( (25/2)25/ waktu setempat. Mereka data datang untuk kembali menyuarak arakan agar Presiden Park Geun- hye mundur dari jabatannya. Aksi tersebut bertepatan dengan empat tahun Park menjabat presiden ke-11 Korsel.

’’Saya ingin pemerintah­an ini berakhir. Mahkamah Konstitusi harus meloloskan pemakzulan. Saya berharap MK menunjukka­n bahwa ada keadilan di negeri ini,’’ ujar Chung Hyoung-sook, 45, salah seorang pemrotes.

Hari ini (27/2) MK dijadwal- kan menggelar dengar pendapat terakhir kasus pemakzulan Park. Mereka akan memberikan keputusan yang dibacakan sebelum 13 Maret. Jika pemakzulan disetujui, nasib Park berakhir tragis. Kekebalann­ya sebagai presiden untuk menghindar­i penyelidik­an penyalahgu­naan kekuasaan akan lenyap. Peluangnya untuk mendekam di jeruji besi kian besar. Namun, jika pemakzulan ditolak, Park akan kembali berkuasa. Massa anti-Park yang turun ke jalan berharap mereka bisa memengaruh­i MK agar menyetujui pemakzulan Park.

Massa diperkirak­an mencapai 100 ribu orang lebih.

Kantor Kejaksaan Khusus yang mengurus kasus Park telah menahan petinggi sekaligus ahli waris Samsung Lee Jae-yong lebih dari sepekan lalu. Dia telah menyumbang ke lembaga yang dikelola teman dekat Park, yaitu Choi Soon-sil. Tujuannya adalah Choi memengaruh­i Park untuk mempermuda­h proses merger dua anak perusahaan Samsung. Beberapa perusahaan lain juga melakukan hal serupa dengan tujuan yang berbeda-beda. (AlJazeera/ NewsWeek/sha/c7/sof)

 ??  ?? PROTESTER:PRO Perempuan yang mengenakan­men hanbok, busana tradisiona­ltrad Korea, turut menuntut Park Geun-hye mundur.
PROTESTER:PRO Perempuan yang mengenakan­men hanbok, busana tradisiona­ltrad Korea, turut menuntut Park Geun-hye mundur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia