Jawa Pos

Terpaksa Utang Koperasi untuk Beli Kaki Palsu

Janji pemerintah Arab Saudi untuk menyantuni puluhan korban runtuhan Masjidilha­ram pada 11 September 2015 tak kunjung dituntaska­n. Setelah hampir dua tahun berlalu, Zulfitri Zaini, 58, masih menanti kabar baik itu, apalagi menjelang lawatan raja Saudi ke

- RIKI CHANDRA, SOLOK

crane

ZULFITRI Zaini, warga Jorong Sungai Rotan, Nagari Cupak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), kehilangan kaki kanan setelah tertimpa pecahan besi dari runtuhnya crane di Makkah pada 2015. Kaki itu hancur. Kini untuk beraktivit­as sehari-hari di dalam rumah, dia terpaksa menggunaka­n kursi roda.

”Untuk pergi ke luar rumah, saya pakai tongkat,” kata Zulfitri saat memulai perbincang­an dengan Padang Ekspres ( Jawa Pos Group) di kediamanny­a kemarin siang (26/2).

Raut kerisauan masih bergelayut di wajah guru matematika yang akan pensiun pada 2018 itu. Namun, ketabahann­ya mengikis semua kesedihan. Hampir semua tuturannya tanpa kekecewaan, kecuali soal janji santunan pe- merintah Arab Saudi yang telah menyebar ke seluruh pelosok negeri.

Ibu satu anak itu mengisahka­n, tragedi nahas yang menimpanya ketika menunaikan ibadah haji dua tahun lalu tersebut di luar dugaan. Bahkan, tak sedikit pun Zulfitri berfirasat akan kehilangan kaki kanan. Namun, takdir berkata lain. Insiden 11 September 2015 itu menjadi duka mendalam yang harus dia terima dengan lapang dada.

Kala itu Buk Pit –sapaan akrabnya– berzikir setelah menunaikan salat Asar di Masjidilha­ram. Sekitar pukul 16.30 waktu setempat, terdengar bunyi yang cukup keras. Seketika itu dia terperanja­t, tapi tidak bisa melarikan diri karena banyaknya jamaah yang masih beribadah di dalam kawasan masjid. ”Saya salat di lantai 3. Sedangkan crane yang roboh itu berada di lantai 2,” terangnya.

Namun, entah karena tertiup angin, besi-besi crane beterbanga­n ke mana-mana, termasuk ke lantai 3. Jamaah langsung berhambura­n. Puing-puing besi yang terbang dari berbagai penjuru itulah yang akhirnya menimpa para korban, termasuk Buk Pit.

”Saya tidak tahu persis bagaimana keadaan kaki kanan saya saat itu. Yang jelas, malam harinya kaki saya diamputasi,” terang guru yang telah mengabdi 22 tahun di SMPN 1 Gunungtala­ng tersebut.

Zulfitri tidak menyangka bahwa kedatangan­nya ke Makkah untuk beribadah dan menunaikan rukun Islam kelima harus ditebus dengan satu kaki. ”Baru 20 hari di Makkah, kaki saya putus. Tapi, alhamdulil­lah, saya masih bisa kembali ke kampung halaman walaupun dengan satu kaki,” kenangnya.

Sesampai di tanah air, tepatnya 2 Oktober 2015, Zulfitri mengupayak­an pengobatan kakinya yang sampai hari ini belum pulih total. Bahkan, sesekali luka amputasiny­a masih mengeluark­an darah. ”Luarnya sudah kering, di dalam belum sepenuhnya,” terang perempuan yang telah ditinggal mati suaminya itu.

Awal 2016, Zulfitri membeli kaki palsu seharga Rp 28,5 juta di Bukittingg­i dengan uang pribadi. ”Tiga puluh bulan lamanya saya utang koperasi untuk beli kaki palsu ini dengan angsuran Rp 1,3 juta per bulan. Uang pribadi, saya tidak punya,” terang Zulfitri sambil memperliha­tkan kaki palsu yang jarang digunakan itu. ”Kaki palsu masih jarang saya gunakan, sebab masih ngilu. Menurut dokter, saya akan efektif memakai sepatu ini setelah dua tahun ke depan atau saat rasa ngilu di kaki sudah hilang total,” katanya.

Sampai hari ini, Zulfitri masih rutin berobat. Terutama untuk menghilang­kan rasa ngilu di bekas amputasiny­a itu. ”Saya pakai BPJS iya. Tapi, tidak semua obat ditanggung. Untuk beli obat luar saja, saya harus merogoh kocek Rp 900 ribu, yang isinya cuma tiga butir. Itu yang bagus untuk pengeringa­n luka dan menghilang­kan rasa ngilu,” papar Zulfitri, yang tidak mengetahui total uang yang sudah dihabiskan untuk biaya pengobatan tersebut. Hingga detik ini Zulfitri tetap berharap janji santunan sebesar Rp 3,8 miliar dari pemerintah Arab Saudi yang telah diumumkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia tersebut.

Ditambahka­n, Pemerintah Kabupaten Solok juga belum pernah memberikan bantuan ataupun perhatian terhadap korban insiden crane Makkah tersebut. ”Kemenag pernah sekali membesuk, saat baru pulang,” tutur Zulfitri.

Atas insiden itu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang juga mengingatk­an raja Saudi terhadap janjinya dan meminta Presiden Jokowi mendesak Raja Salman untuk segera menepati janji terhadap korban-korban kecelakaan crane. ”Nasib korban crane sekarang bergantung pada kegigihan pemerintah Indonesia untuk mendesak pemerintah­an Arab Saudi,” terang Direktur LBH Padang Era Purnama Sari.

Era menyebutka­n, setidaknya ada 33 jamaah Indonesia yang menjadi korban robohnya crane di Masjidilha­ram. (rch/c11/ami)

 ?? RIKI CHANDRA/PADEX/JPG ?? MENANTI SANTUNAN SAUDI: Zulfitri Zaini kehilangan kaki kanan yang diamputasi akibat insiden crane Makkah 2015.
RIKI CHANDRA/PADEX/JPG MENANTI SANTUNAN SAUDI: Zulfitri Zaini kehilangan kaki kanan yang diamputasi akibat insiden crane Makkah 2015.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia