Jawa Pos

Kerja Sama Ekonomi Rampung Tahun Ini

-

SYDNEY – Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull menghangat­kan kembali hubungan diplomatik kedua negara. Hubungan yang sempat memanas garagara insiden pengajaran bahasa di pangkalan militer Perth itu tak lagi membekas. Jokowi bahkan diajak jalan-jalan pagi oleh Turnbull di Royal Botanic Garden, Sydney, kemarin (26/2).

Seusai pertemuan bilateral hampir sejam di Kirribilli House, Sydney, Presiden Jokowi dan PM Turnbull menggelar konferensi pers bersama. Mereka sama-sama menyatakan komitmen untuk menjaga hubungan baik kedua negara. ”Betapa hangatnya Bapak diterima dan disambut pejalan kaki, pelari di taman, pagi tadi (kemarin, Red). Itu menunjukka­n bahwa persahabat­an di antara kedua negara sangat dekat dan erat,” ujar Turnbull.

Hubungan baik itu terwujud dalam bidang pariwisata, pendidikan, hingga perdaganga­n.

Di sektor pariwisata, tercatat sejuta turis Australia berkunjung ke Bali tahun lalu. Di sektor pendidikan, Australia menjadi salah satu tujuan pelajar Indonesia menimba ilmu.

Di bidang kerja sama ekonomi, kedua negara sepakat menyelesai­kan proses Indonesia-Australia Comprehens­ive Economic Partner- ship Agreement (IA-CEPA) akhir 2017. Sektor yang dapat didorong dari pengaktifa­n IA-CEPA adalah jasa keuangan, pendidikan, dan tenaga kerja. Misalnya penempatan tenaga kerja perawat hingga pemetik/pemanen buah asal Indonesia untuk bekerja di Australia.

Jokowi mengatakan, di sektor pendidikan Indonesia akan lebih meningkatk­an pengajaran bahasa Indonesia di Australia. Saat ini sudah ada tiga balai bahasa di Perth, Canberra, dan Melbourne. ”Kita akan membuka di kotakota lain dalam waktu dekat. Sebab, saya dengar ada 160 ribu pelajar Australia yang belajar bahasa Indonesia,” ucap presiden. (jun/c9/oki)

 ?? SETPRES ?? AKRAB: Suasana pertemuan Presiden Jokowi dengan masyarakat Indonesia di Sydney, Australia, kemarin.
SETPRES AKRAB: Suasana pertemuan Presiden Jokowi dengan masyarakat Indonesia di Sydney, Australia, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia