Jawa Pos

Usia 67 Tahun Masih Finis Maraton

-

DANNY Dreyer tentu tidak memperkena­lkan ChiRunning tanpa pernah mengalami sendiri apa itu berlari. Sebelum berkenalan dengan tai chi yang menjadi cikal bakalnya, sudah tidak terhitung banyaknya Dreyer mengikuti berbagai event lari.

Tahun 1995 menjadi awal bagi pria blasteran Tionghoa-Amerika tersebut mengikuti race lari. Saat itu, Dreyer mengikuti event yang bernama 50 Mile Front Range Ultra Extravagan­za di Boulder, sebuah kota di negara bagian Colorado. Dreyer yang berpartisi­pasi di ajang ultra extravagan­za terbilang berani.

Sebab, saat itu, dia baru saja memutuskan untuk terjun di lari. Sudah begitu, yang diikuti Dreyer adalah jenis trail run alias lari lintas alam. Jarak yang ditempuh Dreyer mencapai 50 miles atau setara dengan 80,4672 kilometer. Kendati cukup jauh, Dreyer berhasil finis dengan mulus. ’’Saat itu saya berhasil finis dengan catatan 6 jam 29 menit 53 detik,’’ jelasnya.

Prestasi itulah yang membuatnya begitu ketagihan berlari. Tidak hanya mengikuti maraton, Dreyer pun memaksa tubuhnya hingga batas maksimal dengan mengikuti ajang lari sejauh 100 miles atau sekitar 160,934 kilometer.

Namun, dari semua turnamen yang diikuti, Dreyer memiliki satu kenangan manis. Itu terjadi saat dia berpartisi­pasi di perlombaan Helen Klein 50K dengan jarak 50 kilometer di Sacramento, California, 1998.

Saat itu, dia benar-benar menyabet juara umum. Selain memungkasi lomba di posisi teratas, dia mengunci gelar di jarak 45–49 kilometer. ’’Saat itu, saya juga membukukan catatan waktu terbaik saya, yaitu 3 jam 41 menit 27 detik,’’ katanya.

Dengan usianya yang kini menapak 67 tahun, Dreyer nyatanya belum ingin berhenti dari dunia yang sudah membesarka­n namanya. Dia pun tengah mempersiap­kan diri untuk mengikuti perlombaan pada 11–12 Maret mendatang. ’’Pada 11 Maret, aku akan ikut half-marathon. Sehari sesudahnya, aku ikut marathon!’’ ujar Dreyer. (apu/c23/tom)

 ?? DANNY DREYER FOR JAWA POS ?? SERASA TERBANG: Danny Dreyer memperagak­an gerakan ChiRunning di New York.
DANNY DREYER FOR JAWA POS SERASA TERBANG: Danny Dreyer memperagak­an gerakan ChiRunning di New York.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia