Jawa Pos

Haas ’’American Style’’, Red Bull Inovatif

-

MILTON KEYNES – Penampilan segar mobil-mobil Formula 1 baru mewarnai hari terakhir rangkaian peluncuran tim dan livery anyar selama sepekan terakhir. Senjata baru Red Bull RB13 dan VF17 milik Haas benarbenar menyegarka­n mata.

Mobil Haas berubah total livery-nya. Sejumlah media menyebut mobil VF17 ’’Amerika Banget”. Coraknya segar sekaligus menantang. Tahun lalu VF16 didominasi putih dan abu-abu muda yang dipadu dengan warna merah menyala. Tahun ini tidak ada lagi putih. Abu-abu segar disandingk­an dengan merah membuat livery VF17 ini lebih simpel tapi tetap elegan.

VF17 juga membawa bentuk shark fin alias sirip hiu yang artistik. Tak seperti kebanyakan mobil baru yang bentuknya hanya lebar dan lurus, mobil Haas memiliki sirip hiu di atas penutup mesin lebih aerodinami­s. Sudut yang membentuk peranti pemecah angin menuju sayap belakang itu diberi gambar grafis garis-garis warna merah, putih, dan hitam.

Bentuk sayap belakangny­a juga memiliki sudut meruncing di bagian belakang. Mobil yang akan menggendon­g mesin Ferrari tersebut juga mempertaha­nkan bentuk hidung thumb-tip. ’’Kami terus berupaya merancang mobil lebih cepat, di mana normalnya adalah lebih ringan,’’ ucap bos Haas, Gunther Steiner. Dia mengklaim mobil baru tersebut memiliki distribusi berat lebih baik. Dari sisi aero juga sepenuhnya baru, plus penyesuaia­n suspensi baru mengingat ban baru yang lebih berat dan lebar. Tahun ini Haas akan datang dengan

line-up pembalap baru. Kevin Magnussen yang pindah dari Renault akan menjadi tandem pembalap lama Romain Grosjean. Tahun lalu, di musim debut Haas, Grosjean menggebrak di dua balapan pembuka dengan selalu finis keenam. Sayang, fokus untuk mempersiap­kan mobil baru 2017 sesuai regulasi anyar membuat momentum hebat itu gagal dipertahan­kan di sisa musim.

Tim lain yang juga meluncurka­n mobil barunya kemarin adalah Red Bull. Mereka hanya merilis gambar foto RB13 secara Jadi, secara detail dalam kondisi riil tidak tampak. Berbeda dengan Haas yang gambar mobilnya bocor ke media saat mela- kukan pengambila­n gambar untuk kepentinga­n promosi.

RB13 memiliki livery lebih mencolok dibandingk­an mobil generasi tahun lalu. Meski, secara umum warna mobil tetap mempertaha­nkan ciri khas lama.

Yang paling mencolok adalah ben tuk hidung RB13. Tak hanya ber bentuk bulat seperti ibu jari, thumb- tip, karya terbaru Adrian Ne wey itu memiliki lekukan di bagian ujung nya yang menghadap ke depan me nantang angin. Ujungnya ju ga tidak bulat, tapi sedikit rata. ’’ Mo bil ini terlihat agre sif. Aku berharap, ketika tam pilan nya agresif, mobil ini akan cepat. Tapi, kita harus sedikit bersabar,’’ ucap salah satu ujung tombak Red Bull Max Verstappen.

Uji coba pramusim pertama F1 akan dimulai hari ini (27/2) di Barcelona. Tes akan berlangsun­g hingga empat hari ke depan. Setiap harinya akan diwakili satu pembalap dari tiap-tiap tim. (cak/c17/tom)

 ?? MOTORSPORT ?? SIAP BERSAING: Mobil Red Bull RB13 (kiri) dan VF17 milik Haas kemarin diperkenal­kan ke publik. Perubahan livery lebih banyak dilakukan Haas.
MOTORSPORT SIAP BERSAING: Mobil Red Bull RB13 (kiri) dan VF17 milik Haas kemarin diperkenal­kan ke publik. Perubahan livery lebih banyak dilakukan Haas.
 ?? MOTORSPORT ?? online.
MOTORSPORT online.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia