Jawa Pos

Svitolina Tembus Top Ten

-

DUBAI – Kejutan petenis Ukraina Elina Svitolina di Dubai Open Championsh­ip mencapai klimaks. Setelah menyisihka­n petenis nomor satu dunia Angelique Kerber di semifinal, kemarin (26/2) Svitolina menaklukka­n mantan petenis nomor satu dunia Caroline Wozniacki di partai final. Dia menang dua set langsung dengan hasil 6-4 dan 6-2.

Berstatus unggulan ketujuh, Svitolina sukses mengonvers­i empat kali break point untuk merebut kemenangan pada set pertama. Petenis kelahiran Odessa 22 tahun lalu itu makin dominan pada set kedua dengan permainan baseline- nya yang akurat.

Gelar di Dubai Open merupakan yang kedua bagi Svitolina tahun ini setelah Taiwan Open (5/2). Lebih dari itu, dia kini berhak menembus sepuluh besar ( top ten) ranking WTA untuk kali pertama dalam karir profesiona­lnya. Ketika memulai di Dubai Open, petenis yang masuk pro tujuh tahun lalu itu berada di ranking ke-13 dunia.

”Aku bermimpi sepanjang hidupku bisa masuk sepuluh besar dunia. Jadi, perasaanku begitu luar biasa setelah memenangi turnamen ini,” ucap Svitolina seperti dilansir di situs resmi WTA.

Svitolina menyatakan bahwa permainann­ya di Dubai Open berada pada level terbaik. Statistik menunjukka­n bahwa dia hanya kehilangan satu set selama tampil dalam turnamen kategori WTA Premier 5 tersebut. ”Aku pun selalu bertarung dengan kepercayaa­n diri tinggi,” kata petenis yang mencapai perempat final Prancis Terbuka 2015 sebagai prestasi terbaik di grand slam itu.

Terpisah, Wozniacki sangat kecewa dengan kegagalann­ya memenangi final. Apalagi, dia berambisi menyamai rekor Justine Henin dan Venus Williams. Yakni, memenangi Dubai Open lebih dari sekali. Wozniacki pernah memenangin­ya pada 2011. Di sisi lain, Henin adalah kolektor empat gelar Dubai Open dan Venus tiga gelar.

Kegagalan Wozniacki makin lengkap karena sepekan sebelumnya juga kalah di final Doha Open oleh Karolina Pliskova. ( cak/c11/dns)

 ?? STRINGER/REUTERS ?? BERUNTUNG: Elina Svitolina mengangkat trofi Dubai Open kemarin.
STRINGER/REUTERS BERUNTUNG: Elina Svitolina mengangkat trofi Dubai Open kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia