Jawa Pos

Gibbons Pertahanka­n Yellow Jersey di Etape 5

-

KUALA KUBU BHARU – Pemegang yellow jersey Ryan Gibbons kembali unggul dalam klasemen balap sepeda Le Tour de Langkawi (LTdL) Malaysia 2017. Pembalap 22 tahun tersebut menjadi yang tercepat dalam adu sprint menjelang finis di etape ke-5 dengan rute Meru Raya– Kuala Kubu Bharu, Malaysia, kemarin (26/2).

Cyclist tim Dimension Data itu menyelesai­kan rute sepanjang 151,5 km dengan waktu 3 jam 27 menit 20 detik. Kemenangan tersebut sekaligus membuatnya mempertaha­nkan yellow jersey.

Dia disusul pembalap Italia Jakub Mareczko dari tim Wilier Triestina di urutan kedua. Kemudian, di posisi ketiga ada pembalap Amerika Serikat Travis McCabe dari tim United Health Care.

Finis urutan ketiga yang sesungguhn­ya adalah Marco Befatto (Androni Giocattoli). Namun, sprinter asal Italia tersebut terkena penalti diskualifi­kasi lantaran melakukan manuver berbahaya menjelang finis dengan memotong jalur pembalap lain. Akibatnya, dia terlempar di posisi ke-73. Sementara itu, dua pembalap tanah air seperti Aiman Cahyadi dari tim Sapura Cycling finis di urutan ke-52 dan Dadi Suryadi dari tim Terengganu Cycling finis di urutan ke-58.

Dengan memenangi etape ke5, Gibbons semakin kukuh di puncak klasemen umum. Gibbons juga mendapat bonus pemotongan waktu 10 detik serta tambahan 1 detik di Km 70. ’’Saya memang berupaya mendapat poin dan bonus waktu di lokasi intermedia­te sprint,’’ ucap Gibbons.

’’Setelah itu, mengejar grup empat pembalap yang breakaway. Itu cukup menguras tenaga karena kecepatan mereka konstan dan cuaca amat panas,’’ tambahnya. (nes/c17/tom)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia