Jawa Pos

Keluhkan Peralihan Pengawasan Buruh

-

SURABAYA – Sebanyak 2.000 buruh dari 31 federasi mengikuti apel dalam rangka Hari Pekerja Nasional di balai kota kemarin (26/2). Dalam kesempatan itu, para buruh menyampaik­an sejumlah keluhan yang mewarnai kehidupan mereka selama ini.

Koordinato­r acara Dendy Prayitno mengatakan, keluhan yang dimaksudka­n adalah peralihan kewenangan pengawasan tenaga kerja dari pemkot ke pemprov sejak 1 Januari 2017. Saat ini masih ada 150 kasus yang belum diselesaik­an Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya. ”Karena kewenangan beralih, kasus yang belum ditangani pemkot ikut beralih ke provinsi,” terang pria asal Jambangan tersebut.

Sebagian besar kasus itu mengenai upah minimum kota. Di tangan provinsi, kasus-kasus tersebut hingga kini juga belum ditangani. ”Sejak Januari lalu tidak ada yang mengawasi,” keluh ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Surabaya tersebut.

Dia kemudian berinisiat­if membentuk tim pengawas. Anggotanya berasal dari Disnaker Surabaya, kepolisian, dan BPJS. Bila ada temuan di lapangan, tim pengawas bisa melapor. ”Tapi, tadi Bu Risma (Wali Kota Tri Rismaharin­i, Red) masih mempertany­akan apa bisa dibentuk tim ini,” ucap pria kelahiran 8 Agustus 1959 tersebut.

Dalam pidatonya, Wali Kota Tri Rismaharin­i menerangka­n, permasalah­an buruh tidak hanya menyangkut UMK. Tetapi, juga kesehatan dan tempat tinggal. ”Pemkot bakal membantu masyarakat untuk mengikuti program BPJS dan menyediaka­n rumah susun,” jelas perempuan asal Kediri tersebut.

Mantan kepala badan perencanaa­n pembanguna­n kota (bappeko) itu mengingatk­an para buruh agar tidak mudah terprovoka­si dan membuat aksi anarkistis. Sebab, dia sering melihat keterlibat­an pihak asing yang ingin mengacauka­n situasi.

Setelah apel selesai, peserta tidak kunjung membubarka­n diri. Sebab, ada ratusan sembako dan door prize yang dibagikan. Mulai setrika, kipas angin, hingga sepeda motor. (sal/c7/git)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? SEMANGAT: Para buruh melakukan apel dalam peringatan Hari Pekerja Nasional di balai kota kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS SEMANGAT: Para buruh melakukan apel dalam peringatan Hari Pekerja Nasional di balai kota kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia