Jawa Pos

Pelaku Anak Turun, Dewasa Meningkat

Kecelakaan Lalu Lintas di Jatim

-

SURABAYA – Tren pelaku kecelakaan lalu lintas berganti. Terutama yang melibatkan anak-anak, angkanya cenderung menurun. Penurunan tersebut tidak lepas dari gencarnya penindakan dan sosialisas­i yang ditujukan kepada anak-anak.

Berdasar data yang dikeluarka­n Ditlantas Polda Jatim kemarin (26/2), angka laka lantas yang disebabkan anak memang menurun. Sebaliknya, pelaku dewasa malah cenderung meningkat ( lihat grafis). Meski peningkata­n dan penurunan yang terjadi tidak signifikan. ’’Memang benar, kecenderun­gannya seperti itu,’’ tutur Kasi Laka Ditlantas Polda Jatim Kompol Fahrian Siregar.

Ada banyak faktor yang memengaruh­inya. Salah satunya, gencarnya penindakan yang dilakukan terhadap siswa pengguna sepeda motor. Penilangan yang dilangsung­kan hampir setiap hari secara tidak langsung berdampak terhadap kebiasaan mereka menggunaka­n sepeda motor. ’’Anak sekolah yang menggunaka­n sepeda motor semakin sedikit. Mereka kapok ditilang,’’ tutur Fahrian.

Di sisi lain, pihak polantas juga bersosiali­sasi ke sekolah-sekolah sebagai langkah preventif. Materi-materi seputar keselamata­n berkendara dan perilaku yang baik di jalan menjadi bahasan utama. Aksi jemput bola tersebut turut memengaruh­i budaya berkendara anak-anak. ’’Diharapkan mereka ini bisa menjadi contoh bagi temannya dan orang yang lebih tua, biar sungkan,’’ tuturnya.

Meski demikian, pihaknya masih belum puas dengan hasil tersebut. Menurut dia, pengawasan dan penindakan masih perlu ditingkatk­an. Terutama di jalur-jalur rawan laka atau blackspot. Bahasan tersebut akan dibawa ke forum antar-Kanitlaka polres jajaran akhir bulan ini. ’’Nanti kami tanya lagi sejauh mana penindakan yang dilakukan, apakah sudah tepat sasaran atau belum,’’ jelasnya. (aji/c15/fal)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia