Jawa Pos

Kepala DLHK Jadi Ketum IPSI

Akan Bangun Padepokan Pencak Silat di Tanjung Puri

-

SIDOARJO – Gerakan tangan dan kaki Wahyuda Putra, 14, begitu gesit saat menunjukka­n kemampuan pencak silat di Pendapa Delta Wibawa kemarin (26/2). Atlet dari perguruan Pagar Nusa tersebut tampil maksimal saat pelantikan pengurus baru Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sidoarjo.

’’ Yang saya tampilkan itu adalah seni tunggal IPSI,’’ jelas Wahyuda. Siswa SMPN 3 Krian tersebut menyabet juara III Kejuaraan Pencak Silat Se-Jawa-Bali pada tahun lalu.

Acara pelantikan Ketua Umum IPSI Sidoarjo M. Bahrul Amig itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum IPSI Jawa Timur Supratomo. Dia menyatakan, tanggung jawab ketua umum IPSI Sidoarjo sangat besar. Dia ingin pencak silat di Sidoarjo yang vakum sejak delapan tahun terakhir ini kembali bangkit.

’’Saya melihat ketua umum yang baru ini punya semangat yang luar biasa untuk memajukan pencak silat di Sidoarjo,’’ katanya. Apalagi, lanjut Supratomo, Bahrul Amig memiliki latar belakang sebagai kepala dinas di lingkungan Pemkab Sidoarjo. Yakni, dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK) yang sebelumnya bernama dinas kebersihan dan pertamanan (DKP).

Dengan modal tersebut, Amig diharapkan mampu menjalin kerja sama yang baik dengan KONI Sidoarjo serta dinas pemuda dan olahraga. Tak ketinggala­n Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo yang memiliki program School Games. ’’Kerja sama itu bisa memunculka­n bibit-bibit baru atlet pencak silat,’’ ungkap Supratomo.

Amig menyampaik­an, ada 26 perguruan pencak silat di Sidoarjo. Namun, dalam dua periode terakhir, banyak perguruan pencak silat yang merasa kurang dipedulika­n. ’’Kami akan melakukan konsolidas­i dengan seluruh jajaran pengurus perguruan pencak silat untuk merancang program ke depan,’’ ucapnya.

Selain mencetak atlet-atlet berprestas­i, lanjut Amig, IPSI memiliki misi untuk melestarik­an budaya pencak silat sekaligus menjamin kerukunan antar perguruan pencak silat yang berkembang di Kota Delta. Amig juga berencana membangun padepokan pencak silat di taman Tanjung Puri di Bluru Kidul.

’’Ini berbicara pelestaria­n budaya. Bagaimana kami bisa membekali mental dan spirit pencak silat kepada generasi muda,’’ ujarnya. (ayu/c23/pri)

Ini berbicara pelestaria­n budaya. Bagaimana kami bisa membekali mental dan spirit pencak silat kepada generasi muda.’’ Bahrul Amig, Ketua Umum IPSI Sidoarjo

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BIBIT UNGGUL: Wahyuda Putra memperagak­an jurus toya saat pelantikan ketua umum dan pengurus IPSI Sidoarjo di Pendapa Delta Wibawa kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS BIBIT UNGGUL: Wahyuda Putra memperagak­an jurus toya saat pelantikan ketua umum dan pengurus IPSI Sidoarjo di Pendapa Delta Wibawa kemarin.
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia