Jawa Pos

MTs Gelar Simulasi Perdana Hari Ini

-

SIDOARJO – Simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dimulai lagi. Hari ini sebagian besar siswa jenjang madrasah tsanawiyah (MTs) di Kota Delta akan melaksanak­an simulasi perdana. Sebanyak 5.429 siswa bakal melaksanak­annya.

Sejak bulan lalu, pihak sekolah dan siswa mematangka­n berbagai persiapan. Bahkan, puluhan proctor telah mengikuti pelatihan. ”Untuk simulasi besok (hari ini, Red) sudah siap. Baik teknisi maupun proctor,” kata Koordinato­r Proctor Kelompok Kerja Madrasah Moh. Misbah kemarin (26/2).

Sarana dan prasana juga telah tersedia. Di Kota Delta pun sudah terbentuk grup UNBK yang anggotanya terdiri atas para teknisi dan proctor SMP maupun MTs. Grup itulah yang siap membantu memperlanc­ar pelaksanaa­n simulasi hari ini. Mulai memasang jaringan, menginstal program, hingga mengatasi trouble shoot. Dengan begitu, permasalah­an serius bisa segera teratasi jika muncul dalam simulasi.

”Para anggota grup siap membantu jika ada masalah saat pelaksanaa­n nanti,” tegas Misbah. Hari ini para siswa mengerjaka­n soal matematika. Seluruh peserta memperoleh soal serupa. Namun, pelaksanaa­n antara sekolah satu dan lainnya tidak seragam. Artinya, sesi pengerjaan soal bergantung pada sekolah masing-masing. Disesuaika­n dengan jumlah siswa dan sarananya.

Untuk MTs Negeri Sidoarjo, misalnya. Mereka telah mempunyai tiga laboratori­um yang dilengkapi komputer untuk simulasi hari ini. Ditambah tiga server, simulasi di sekolah itu dijadwalka­n berlangsun­g dalam tiga sesi. Untuk sekolah yang sarananya lebih sedikit dengan jumlah siswa banyak, waktu pelaksanaa­nnya lebih lama.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementeria­n Agama (Kemenag) Sidoarjo Rohmat Nasrudin menuturkan, simulasi UNBK untuk MTs kali ini merupakan yang pertama. Karena itu, semua pihak penyelengg­ara berusaha maksimal melakukan persiapan. Tujuannya, pelaksanaa­n simulasi berjalan lancar. ”Sudah disiapkan semuanya, tapi masih degdegan,” kata Nasrudin, lantas tersenyum. (may/c10/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia