Jawa Pos

Tahun Baik untuk Beli Properti

-

SIDOARJO – Semarak event Pasar Sidoarjo (Pasjo) selama tiga hari di Perumahan Natura Residences berakhir kemarin (26/2). Meski begitu, penawaran khusus dari PT Graha Mukti Indah (GMI) Group masih berlaku. Calon pembeli yang booking pada hari ini akan dibebaskan dari biaya realisasi KPR, BPHTB, dan biaya SHM. Nilainya ratusan juta rupiah.

Pakar properti yang juga Komisaris PT GMI Novri Susanti menyatakan, dalam dunia bisnis properti, 2017 disebut upswing. Yakni, fase dengan jumlah pembeli cenderung meningkat. Tapi, belum puncaknya. ”Nah, dalam fase inilah sebaiknya beli rumah,” katanya kemarin.

Tahun 2018, lanjut dia, akan menjadi puncak dalam siklus bisnis properti. Jika banyak permintaan, harga sudah pasti tinggi. ”Siklus bisnis properti ini berlaku setiap tujuh tahun. Berlaku nasional,” ujar Novri. Dia membanding­kan, dahulu fase meledaknya pembelian properti di Sidoarjo terjadi pada 2003. Trennya kemudian menurun pada 2008. Nah, 2015 juga menurun. Namun, 2016 dan 2017 ini mulai naik.

”Kami sudah hafal siklusnya karena setiap tahun kami ada evaluasi lima tahun ke belakang,” ujar Novri. Untuk kategori perumahan, lanjut dia, Sidoarjo termasuk daerah dengan pangsa pasar yang besar untuk perumahan kelas menengah. Kisaran harga rumah mulai Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar.

”Peraturan bupati juga melarang pengembang membuat rumah kecil. Takutnya nanti malah terlihat semrawut dan kumuh,” ujar Novri. Minimal luas tanah untuk rumah adalah 90 meter persegi.

” Yang patut diapresias­i, Pemkab Sidoarjo memberikan kemudahan untuk berinvesta­si. Izin tidak berbelit-belit asal syarat seperti izin lokasi, site plan, dan izin mendirikan bangunan (IMB) sudah jelas,” ujar Novri. Peran yang menunjang perkembang­an ekonomi juga baik. Misalnya, dimulainya pembanguna­n

frontage road Waru–Buduran sepanjang 9,2 km.

”Untuk Natura Residences, pembelinya rata-rata berusia 30 sampai 40 tahun,” ungkap Direktur Utama PT GMI Rizky Supriadi. Sertifikat rumah rata-rata atas nama laki-laki. ” Tapi, biasanya yang perempuan yang mendorong keputusan,” tambah Novri. Dia menyebut kategori pembelinya adalah 70 persen karyawan dan 30 persen pengusaha.

Dalam perayaan ulang tahun ke-14 PT GMI, Natura Residences juga membuka cluster baru bernama Winterland. Andalannya adalah tipe frozen 40/91. Keunggulan­nya, masing-masing rumah memiliki dua carport. (uzi/c6/pri)

 ?? SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS ?? KOMPAK DAN LINCAH: Aksi Adopsi Street Crew dalam lomba dance kemarin. Mereka berhasil merebut perhatian dewan juri hingga meraih juara 1.
SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS KOMPAK DAN LINCAH: Aksi Adopsi Street Crew dalam lomba dance kemarin. Mereka berhasil merebut perhatian dewan juri hingga meraih juara 1.
 ?? SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS ?? TAMPIL ANGGUN: Yuk Sidoarjo Oktia Ayu mengenakan busana dari Indah Bordir saat fashion show.
SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS TAMPIL ANGGUN: Yuk Sidoarjo Oktia Ayu mengenakan busana dari Indah Bordir saat fashion show.
 ?? SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS ?? BAKAR LEMAK: Clark Hatch Zumba Surabaya memandu pengunjung Pasjo untuk bersenam bersama kemarin.
SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS BAKAR LEMAK: Clark Hatch Zumba Surabaya memandu pengunjung Pasjo untuk bersenam bersama kemarin.
 ?? SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS ?? TAK KALAH LAHAP: Aiptu R. Nur Kholiq dari Polsek Buduran ikut memeriahka­n adu cepat makan mi bledek saat eating contest pada Sabtu (25/2). Mi bledek tersebut hasil racikan Rumah Makan Koki Kita.
SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS TAK KALAH LAHAP: Aiptu R. Nur Kholiq dari Polsek Buduran ikut memeriahka­n adu cepat makan mi bledek saat eating contest pada Sabtu (25/2). Mi bledek tersebut hasil racikan Rumah Makan Koki Kita.
 ?? SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS ?? KOSTUM SERBAMERAH: Five Soul, salah satu band yang lolos maju ke babak final, sukses memukau penonton tadi malam.
SHELA NOVITALIA TAMARA/JAWA POS KOSTUM SERBAMERAH: Five Soul, salah satu band yang lolos maju ke babak final, sukses memukau penonton tadi malam.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia