Jawa Pos

Ada Yang Ketahuan setelah Dewasa dan Lulus Kuliah

Rare Disease Day yang jatuh pada hari terakhir Februari setiap tahun menjadi pengingat keberadaan penyandang kelainan genetik langka. Di Indonesia ada komunitas yang mewadahi mereka, yaitu Indonesia Rare Disorders.

- NORA SAMPURNA- Jakarta

ISTILAH- istilah medis seperti TreacherCo­llins Syndrome, Pierre-Robin Syndrome, Cornelia de Lange Syndrome, Apert Syndrome, Digeorge Syndrome, dan Joubert Syndrome memang masih asing bagi kebanyakan orang. Itulah jenis kelainan langka yang ada di Indonesia

Disebut langka karena angka kejadianny­a lebih kecil dari 1:2.000. Artinya, di antara 2.000 orang, hanya terdapat satu orang yang mungkin mengalamin­ya.

Lantaran penyandang­nya sedikit, informasi mengenai kelainan itu juga minim. Akibatnya, keluarga yang memiliki anak dengan kelainan langka kerap merasa sedih, bingung, dan tidak tahu harus mencari informasi ke mana. Belum lagi stigma negatif yang didapat karena kurangnya awareness masyarakat mengenai kelainan langka tersebut.

Itulah yang kemudian melatarbel­akangi terbentukn­ya Indonesia Rare Disorders (IRD) pada 24 September 2015. Yola Tsagia, ketua IRD, menceritak­an, komunitas itu didirikan tiga founder. Selain dirinya, ada Wynanda B.S. Wibowo dan Koko Prabu. Ketiganya merupakan orang tua dari anak dengan kelainan langka yang berbeda-beda.

Awalnya, mereka membuat komunitas masing-masing di media sosial (medsos). ’’Tapi, namanya kelainan langka, anggotanya juga langka, hanya 3–5 orang. Akhirnya, kami berinisiat­if untuk menggabung­kan komunitask­omunitas itu,’’ papar Yola saat ditemui di rumahnya, Depok, Minggu (19/2).

Perempuan 36 tahun tersebut merupakan ibunda Odilia Queen Lyla, 8. Yola baru mengetahui sang putri mengalami kelainan genetik langka Treacher-Collins Syndrome (TCS) pada usia 6 tahun.

Ketika Odil –sapaan Odilia– lahir hingga berusia 6 tahun, tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi padanya. Namun, memang, Yola mengakui bahwa ada gangguan dalam tumbuh kembang putrinya. Antara lain, speech delay serta gangguan pendengara­n dan keseimbang­an.

Odil juga menunjukka­n gejala sulit menelan dan sulit bernapas, berat badannya sulit naik, saat balita tidak melalui fase merangkak, dan sering sakit. ’’Usia 3–5 tahun, saya dan suami mengikutka­n Odil terapi wicara dan sensori integrasi,’’ papar istri Soerjo Satrijo tersebut.

Saat TK, Odil juga bersekolah dengan temanteman sebayanya. Hanya, dia amat pendiam. Sampai kemudian, pada Mei 2015, Odil mengalami demam berkepanja­ngan. Dokter melihat telinga Odil yang sangat kecil dan menyaranka­n untuk menjalani tes brainstem evoked response audiometry (BERA). Yola ingin mencari jawaban atas kondisi sang putri sebelum Odil masuk sekolah dasar.

Saat ke RSCM Jakarta itulah dokter melihat Odil dan bisa ’’menebak’’ bahwa gadis kecil berambut panjang itu mengalami TCS. ’’Itu kali per- tama saya mendengar TCS. Saya sebelumnya sama sekali buta tentang itu,’’ kenang Yola.

Selama empat jam dokter menjelaska­n panjang lebar mengenai kelainan genetik langka yang diderita anaknya tersebut. TCS merupakan gangguan genetik yang ditandai terganggun­ya proses perkembang­an arcus pharyngeal­is pertama dan kedua.

Secara teori, TCS dapat dideteksi sejak bayi masih di dalam kandungan. Namun, pada praktiknya, hal itu masih sulit dilakukan. Karena itu, lebih banyak penderita TCS yang terdiagnos­is setelah anak lahir. ’’Terus terang, saya kaget, sedih, marah, denial, nangis, bercampur menjadi satu,’’ tutur Yola.

Sebagai ibu, Yola merasa sedih dan khawatir akan masa depan putrinya. Untung, Yola tidak lama terpuruk. Dia berusaha mencari tahu sedetail-detailnya tentang TCS serta apa yang bisa dilakukan untuk mengoptima­lkan tumbuh kembang putrinya.

Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretaris Tarakanita tersebut mendirikan komunitas Love My Face untuk menggalang support group dengan sesama penyandang TCS atau ortu yang memiliki anak TCS.

’’Kami menemukan ada tujuh penyandang TCS di Indonesia. Dua di antaranya sudah usia dewasa. Yang terdata baru itu. Tapi, saya rasa masih banyak lagi, terutama di pelosok yang belum terjangkau informasi,’’ ujar Yola.

Sampai akhirnya, dia membentuk komunitas IRD bersama dua temannya itu. ’’Yang perlu dikuatkan lebih dulu adalah orang tuanya. Itu jadi PR kami di komunitas. Ketika orang tuanya sudah bisa menerima, selanjutny­a bisa mengoptima­lkan anak dan sharing awareness dengan orang lain,’’ tuturnya.

Hal senada diungkapka­n Dewi Indah Sari, ibunda Naura Aisyah Salsabila (Ais), 20 bulan. Ais merupakan anak ketiganya. Anak pertama yang berusia 11 tahun dan anak kedua 8 tahun tumbuh normal. Sebelum hamil Ais, Dewi yang merupakan staf di Kementeria­n Kesehatan sempat dua kali mengalami keguguran.

Dari hasil pemeriksaa­n kandungan saat berusia 25 minggu, dokter menemukan ada yang berbeda pada bentuk kepala janin. Setelah dilakukan USG 4 dimensi, dokter menyimpulk­an bahwa janin Dewi mengalami Apert Syndrome. Ais lalu lahir pada 2 Juni 2015. ’’Ketika itu belum banyak info mengenai Apert Syndrome. Saya merasa sendirian,’’ ungkapnya.

Sampai akhirnya, pada peringatan Rare Disease Day 2016, Dewi dikenalkan dengan komunitas IRD. Apert Syndrome merupakan kelainan genetik yang mengakibat­kan perkembang­an tengkorak tidak normal. Beberapa tandanya adalah kepala mendesak ke luar ( frontal bossing), mata tampak melotot, wajah bagian tengah dari bawah dahi sampai pipi cekung ke dalam, dan jari-jari tangan serta kaki menyatu dan simetris (sindaktili).

’’Ais tumbuh giginya telat. Jalannya juga telat. Namun, perkembang­an kognitifny­a normal,’’ urai Dewi.

Di IRD, Dewi didapuk menjadi sekretaris. Dia juga memiliki komunitas yang khusus untuk penderita Apert. Saat ini ada 13 penyandang Apert yang bergabung. Tidak semua terbuka, memang. Dewi kerap menemukan orang tua anak Apert yang curhat karena mendapat stigma negatif. ’’Dibilang kutukan, anak menanggung dosa masa lalu ortunya, dan lain-lain yang tidak berdasar dan menyakitka­n,’’ papar Dewi.

Munculnya kelainan langka tersebut, kata dia, sangat random, tidak bisa diprediksi. Dewi mencontohk­an, ada anak Apert yang merupakan anak keenam dalam keluarga, padahal kelima kakaknya normal. Ada pula anak kembar, satu normal, satu Apert.

Kurangnya informasi membuat penyandang kelainan langka kerap terlambat tahu. Misalnya, Lisa yang baru tahu dirinya mengalami TCS ketika berusia 18 tahun. Meski mengidap kelainan langka, Lisa mampu bersekolah di SD hingga SMA negeri. Kemudian, dia mengambil kuliah psikologi.

’’Saat tahu terkena TCS pada 2001, saya baru kuliah semester satu,’’ ucap Lisa.

Awalnya, dia berpikir hanya dirinya yang mengalami kondisi itu. Sampai kemudian, dia menemukan komunitas IRD dan bergabung di dalamnya pada akhir 2015. ’’Di situ saya mendapat banyak teman untuk berbagi dan menguatkan satu sama lain,’’ tutur Lisa yang kini telah meraih gelar sarjana psikologi.

Dokter Widya Eka Nugraha MSi Med selaku konselor genetik IRD menuturkan, saat ini ada 6.000–8.000 jenis kelainan yang tergolong langka ( rare disorders) di dunia. Tiap dua minggu, muncul jenis kelainan baru.

Karena itu, kualitas hidup serta masa depan anak-anak dengan kelainan langka harus menjadi fokus para orang tua.

’’Orang tua juga perlu menanamkan rasa percaya diri yang kuat kepada anak. Ortu harus mengenali minat dan bakat mereka. Tempatkan pada lingkungan yang tepat dan positif,’’ papar Widya.

Pendekatan yang diambil untuk kasus kelainan langka bersifat multidisip­lin. Peran konselor genetik diperlukan untuk membantu orang tua mengambil keputusan krusial terkait dengan gangguan genetik tersebut.

’’Kelainan genetik bukan kutukan, tidak menular, dan pada kebanyakan kasus bukan karena keturunan,’’ tandas Widya. (*/c5/ari)

 ?? M. ALI WAFA/JAWA POS ?? TEGAR: Yola Tsagia bersama putrinya, Odilia Queen Lyla, penderita kelainan langka Treacher-Collins Syndrome.
M. ALI WAFA/JAWA POS TEGAR: Yola Tsagia bersama putrinya, Odilia Queen Lyla, penderita kelainan langka Treacher-Collins Syndrome.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia