Jawa Pos

Buron Pembobol ATM Tertangkap

-

MAGETAN – Sepak terjang Sugiyanto membobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) berakhir sudah. Warga Desa Ngijo, Tasikmadu, Karanganya­r, Jawa Tengah, itu dibekuk polisi setelah menjadi buron selama tujuh bulan.

Selama beraksi di Magetan saja, pria 33 tahun tersebut berhasil menggondol duit hingga Rp 262,5 juta. Sugiyanto diringkus petugas di Lumajang pada Kamis (23/2).

Sejumlah barang bukti (BB) diamankan dari pria yang belajar membobol ATM lewat tayangan YouTube itu. Yakni, Honda Vario nopol AD 6442 IA yang dibeli dengan uang hasil kejahatann­ya. Selain itu, ada dua mobil rental Toyota Avanza AD 9260 P dan Nissan Grand Livina B 1509 FOR yang digunakan untuk wira-wiri memuluskan aksi.

Polisi juga mengamanka­n lima kartu ATM. Masing-masing adalah 2 kartu ATM Bank Mandiri, 1 BRI, 1 BNI, dan 1 BNI Syariah. Dua airsoft gun jenis 38S & W special serta enam selongsong peluru dan M84 323 ARCHER magazine beserta isinya turut diamankan. ’’Itu ( airsoft gun, Red) hanya digunakan untuk gaya-gayaan, tidak ada kaitannya dengan kejahatann­ya,’’ ujar Kapolres Magetan AKBP Muslimin kemarin (27/2).

Muslimin menjelaska­n, penangkapa­n Sugiyanto berawal dari raibnya uang tunai di mesin ATM BRI blok M Jalan Monginsidi, Kelurahan Selosari, Magetan, selama kurun waktu November 2015 hingga Juli2016. Pihakbankl­alumelapor­kan kejadian tersebut kepada polisi.

Berbekal keterangan saksi, rekaman CCTV, dan sebaran jaring informasi, polisi mencurigai Sugiyanto sebagai pelakunya. Perburuan pun dilakukan. Namun, petugas sulit menangkapn­ya. Sebab, pelaku tidak pernah pulang ke rumah. Selama ini Sugiyanto kerap berpindah dari satu kota ke kota lain. ’’Tidurnya di mobil,’’ ungkap Muslimin.

Selama ini Sugiyanto melancarka­n aksi dengan berkelilin­g dari satu kota ke kota lainnya. Mulai Magetan, Mojokerto, hingga Jakarta Pusat. ’’Masih perlu kami kembangkan karena dia juga membobol di TKP lain. Selain itu, dia tidak beraksi sendirian,’’ tutur Muslimin. Dia menambahka­n, pelaku pernah dihukum enam bulan penjara karena percobaan pembobolan ATM di Batang, Jawa Tengah.

Muslimin menyebutka­n, ada lima kartu yang digunakan Sugiyanto untuk membobol mesin ATM. Kartu-kartu tersebut berasal dari empat bank berbeda. Pelaku mendapatka­nnya dengan menyuruh seseorang untuk membuka rekening tabungan agar identitasn­ya tidak terendus. (cor/isd/c22/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia