Jawa Pos

Ferrari Impresif, Red Bull Kacau

Uji Coba Perdana di Barcelona

-

BARCELONA – Sepekan terakhir menjadi arena parade timtim kontestan Formula 1 yang secara bergantian merilis mobil baru mereka. Kini saatnya mencermati performa awal mobilmobil itu. Mulai kemarin (27/2), untuk kali pertama, jet-jet darat tersebut digeber di atas lintasan dalam sesi uji coba resmi.

Pada hari pertama, tak hanya Mercedes yang memberikan impresi pada mobilnya, tapi juga Ferrari dan Red Bull-TAG. Ferrari menutup sesi pagi sebagai yang tercepat. Sebastian Vettel menggeser pembalap baru Mercedes Valtteri Bottas di puncak daftar pembalap tercepat menjelang jeda makan siang. Keduanya saling berganti posisi sebagai yang tercepat dengan ban medium.

Bottas kemudian menjajal dua kali dengan ban Meski demikian, Vettel menjadi pembalap pertama yang mampu menciptaka­n benchmark 1 menit 22 detik. Catatan waktu terbaiknya sebelum menutup sesi pagi 1 menit 22,765 detik. Vettel baru menjajal ban medium untuk meraih waktu secepat itu.

Sebagai perbanding­an, catatan waktu tersebut sudah menyamai fastest lap dari uji coba di sirkuit yang sama pada awal tahun lalu, yakni 1 menit 22,765 detik. Raihan itu juga didapat dengan menggunaka­n ban ultra-soft atau ban tercepat dari pilihan yang ada. Statistik tersebut menunjukka­n, mobil F1 baru memang menjadi seperti yang diprediksi, lebih cepat daripada generasi sebe-

SETELAH sempat tertunda karena mesin Renault-nya rusak ketika melakukan pengambila­n gambar untuk promosi, akhirnya Toro Rosso-Renault meluncurka­n mobil baru. STR12 datang dengan baru yang sama sekali berbeda dengan mobil tahun lalu.

Warna mobil didominasi biru metalik. Dipadu sedikit merah di beberapa titik. Ciri khas gambar banteng yang biasanya berwarna kuning kini dilumuri putih. Letaknya di belakang kokpit hingga ke penutup mesin. Ekornya melintang ke bagian shark fin alias sirip hiu yang tahun ini menjadi lumnya. Bahkan bisa lebih cepat 4–5 detik setiap lap. Saat Ferrari dan Mercedes langsung tu ne- in karena me ne mukan kecepatan pada uji coba hari pertama, Red Bull justru bermasalah. Daniel Ricciardo yang turun pada hari pertama membuat bendera merah berkibar. Mobilnya mogok setelah empat lap digeber. Tim kemudian memastikan bahwa masalah sen- ’’kewajiban’’ pada mobil-mobil F1.

Toro Rosso menjadi tim terakhir yang meluncurka­n mobil sebelum uji coba pramusim Formula 1 di Barcelona kemarin. Selain tim Italia tersebut, ada Haas-Ferrari yang mengubah tampilan

mobilnya secara total. Namun, muncul kekecewaan dari Direktur Teknis Toro Rosso James Key karena desain mobil timnya mirip dengan Mercedes. Beberapa elemen yang memiliki kesamaan adalah suspensi depan, sidepod, dan bentuk hidung alias sor menjadi penyebab terhentiny­a RB13 Ricciardo menjelang tikungan ketiga.

Insiden tersebut seolah menjadi alarm bagi Red Bull. Meski mobil mereka memiliki aerodinami­ka hebat, bahkan disebutseb­ut sebagai yang terbaik saat ini, mesin Renault dikhawatir­kan tidak mendukung kehebatan itu. Sebelumnya, masalah yang sama dialami tim junior Red Bull, Toro Rosso, pada pertengaha­n pekan lalu. Saat melakukan pengambila­n gambar untuk kepentinga­n promosi, mobil mereka juga mogok setelah baru digeber enam lap.

’’Di satu sisi, kami senang melihat tim besar melakukan hal yang sama dengan kami. Tapi, di sisi lain, kami kecewa karena kami bukan satu-satunya yang berpikir demikian,’’ ungkap Key tentang persamaan STR12 dengan W08.

Key menegaskan, kesamaan tersebut sama sekali bukan kesengajaa­n. Bahkan, dia merasa dirugikan dengan fakta tersebut. ’’Saya melihat Mercedes dan mengatakan, ’Ah mereka memakai (konsep) suspensi depan kami’. Tapi, tentu saja kebanyakan orang akan berpikir kami

McLaren lebih parah lagi. Fernando Alonso hanya menyelesai­kan satu lap instalasi pada sesi pagi sebelum MCL32 mereka terpaksa kembali ke garasi karena masalah sistem pompa oli. Lantaran area yang perlu diperbaiki cukup rumit, McLaren menyatakan membutuhka­n waktu beberapa jam untuk mencari solusinya.

Haas adalah tim lain yang juga mengalami masalah ketika VF-17 Kevin Magnussen terhenti di jalur keluar pit lane. Setelah kembali ke trek, Magnussen mengungkap­kan impresi pertamanya tentang mobil generasi baru tersebut. ’’ Gripnya jauh lebih kuat. Khususnya saat melibas tikungan cepat. Sangat stabil dan cengkerama­n rodanya kuat,’’ jelasnya sebagaiman­a dikutip Crash.

Pada sesi sore, Bottas diganti kan rekan setimnya sang juara dunia tiga kali Lewis Hamil ton. Berganti pembalap, Mercedes tetap bersaing dengan Ferrari di puncak daftar pembalap. (cak/c23/ady) meniru Mercedes,’’ tandasnya. ’’Hidung juga sama, depan bagian

juga sama, bahkan bentuk sama. Ini benar-benar tidak disengaja,’’ tegasnya sebagaiman­a dikutip

Mercedes mempertaha­nkan bentuk hidungnya seperti musim lalu. Yakni, ada lubang yang menghubung­kan hidung dengan sayap depan. Perbedaann­ya, tahun ini lubangnya lebih sempit. Tidak seperti kebanyakan tim lain yang menggunaka­n bentuk hidung menyerupai ujung ibu jari alias (cak/c5/ady)

 ??  ?? long run livery soft. livery nose. sidepod nya thumb-tip nose. sidepodAut­osport.
long run livery soft. livery nose. sidepod nya thumb-tip nose. sidepodAut­osport.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia