Jawa Pos

Tetap Tegas di Lapangan, Kalem di Luar Lapangan

-

GAYA bicaranya selalu meledak-ledak. Komentar-komentarny­a juga kerap memanaskan telinga lawan. Tak heran, Iwan Setiawan pernah dijuluki Jose Mourinho- nya Indonesia. Sebab, cara Iwan melakukan

sangat mirip dengan kebiasaan pelatih Manchester United tersebut.

Ya, Iwan memang memberikan warna baru di belantika sepak bola nasional. Jika mayoritas pelatih tim di Indonesia hanya memberikan pernyataan nor matif sebelum dan sesudah pertanding­an, Iwan justru se baliknya. Komentarny­a selalu pedas.

Namun, itu adalah masa lalu. Iwan sudah memberikan garansi dirinya tidak akan lagi mengeluark­an komentar-komentar pedas. ’’Masa lalu adalah pelajaran. Apalagi, saya saat ini bersama salah satu tim terbesar di Indonesia,’’ ucapnya.

Iwan mengakui, salah satu alasan dirinya berubah adalah Persebaya Surabaya. Menurut Iwan, menjadi pelatih Persebaya, otomatis dia akan menjadi sorotan media. Apalagi, tim berjuluk Green Force tersebut sudah empat tahun absen dari kompetisi resmi.

Iwan juga berterima kasih kepada manajemen Persebaya yang lebih mengutamak­an culum vitae dirinya ketimbang rekam jejak komentar pedas di media. Dan, apresiasi itu ingin dibayar lunas dengan hasil maksimal di Liga 2 tahun ini.

’’Pengendali­an diri untuk tidak asal komentar jadi tugas saya sekarang. Saya juga memiliki pekerjaan untuk menyaring pertanyaan wartawan yang sedikit menjurus dan merespons sewajarnya,’’ ujar pria asal Medan itu.

Pelatih yang pernah menangani Pusamania Borneo FC (PBFC) dan Persija Jakarta itu mengakui, komentar-komentarny­a yang sempat memanaskan atmosfer sepak bola nasional adalah sebuah keceroboha­n. ’’Meski yang saya ucapkan itu adalah fakta,’’ ujarnya.

Iwan menyadari tidak semua fakta harus diungkapka­n kepada publik. Sebab, selalu ada kemungkina­n salah persepsi. Di samping itu, Iwan memikirkan efek samping bila masih sering blak- blakan. ’’Saya harus ber ubah menjadi Iwan yang baru. Tetap tegas dalam memimpin la tihan, tetapi kalem di luar lapangan,’’ ucapnya. (io/c17/bas)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? curri-
ANGGER BONDAN/JAWA POS curri-
 ?? GUEST GESANG/MALANG POST ?? psywar
GUEST GESANG/MALANG POST psywar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia