Jawa Pos

Ingat, Jangan Ngerem Mendadak

-

SURABAYA – Road show Surabaya Smart Riding 2017 ke sekolah-sekolah selalu berlangsun­g seru. Tidak terkecuali saat tim Satlantas Polrestabe­s Surabaya mendatangi SMKN 5 kemarin (27/2).

Sejak pukul 08.00, para siswa memenuhi lapangan sekolah yang beratap. Mereka terlihat antusias mengikuti materi tentang lalu lintas. Aiptu M. Rikza Firmansyah, polisi yang berdinas di Dikyasa Satlantas Polrestabe­s Surabaya, berusaha membangkit­kan semangat para siswa agar fokus menyimak. Seperti biasa, Firman menyelipka­n joke-joke khas yang mengocok perut.

Salah satunya ketika menilang pengendara motor yang parkir di bawah rambu-rambu bergambar sepeda motor dicoret. Artinya, tidak boleh ada sepeda motor di lokasi tersebut. ” Loh kan itu nggak ada gambar orang yang naikin motor, Pak? Kalau motor ini kan saya naikin,” cerita Firman dengan logat Madura. Para siswa pun tertawa.

Cerita Firman berlanjut. Rambu itu diganti dengan gambar motor dicoret lengkap dengan pengendara­nya. Nah, Firman kembali bertemu dengan pengendara yang sama untuk kali kedua. Tanpa ragu, dia mendatangi si pengendara. ” Priiiittt. Diberhenti­kan, dia ngomong kayak gini, ’ Loh itu kan gambarnya nggak pakai helm, Pak. Saya kan pakai helm’,” ujar Firman. Tawa pun kembali pecah.

Firman memberikan arahan kepada para siswa agar memperhati­kan keselamata­n saat berkendara di jalan. Dia menerangka­n aturan mengerem saat naik motor. Usahakan pengendara tidak mengerem mendadak. Saat mengerem juga ada tekniknya. ”Rem depan dulu. Pelan-pelan saja nekannya,” terangnya.

Setelah mendapatka­n materi, beberapa siswa menjajal motor Yamaha NMAX. Mereka melewati beberapa rintangan untuk melatih keterampil­an berkendara. (did/c17/fal)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? HARUS TERTIB: Aiptu M. Rikza Firmansyah memberikan contoh cara berbonceng­an yang benar di depan siswa SMKN 5 Surabaya kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS HARUS TERTIB: Aiptu M. Rikza Firmansyah memberikan contoh cara berbonceng­an yang benar di depan siswa SMKN 5 Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia