Jawa Pos

Salah Sebut Warnai Kemenangan Moonlight

La La Land Rebut Enam Trofi

-

LOS ANGELES – Aktor gaek Warren Beatty tercekat saat melihat isi amplop merah di tangannya. Dia bingung

Dia lalu menunjukka­n isi amplop ke partnernya, Faye Dunaway. Tanpa ragu, Dunaway langsung berseru, ”La La Land!” Itu salah besar. Pemenang Film Terbaik Academy Awards Ke-89 bukan La La Land. Tapi Moonlight!

Momen salah sebut pemenang itu sukses membuat puncak award season yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu malam waktu setempat (kemarin WIB) tak akan terlupakan sampai kapan pun. Terjadi chaos di panggung.

Setelah Dunaway menyerukan La La Land, seluruh cast dan kru film musikal itu naik ke panggung. Produser Jordan Horowitz sudah berpidato. Lalu, giliran Marc Platt dan Fred Berger. Suasana sudah ribut. Beberapa kru mondarmand­ir dan berbisik-bisik. Di tengah pidato, tiba-tiba Berger nyeletuk, ”Ngomong-ngomong, kami kalah,” ucapnya.

Mik lantas diambil alih Horowitz. ”Ada kesalahan. Moonlight, kalian memenangi Film Terbaik,” ucapnya. Terjadi pause. Audiens ternganga. Sutradara Moonlight Barry Jenkins pun bengong. ”Ini bukan lelucon, Moonlight- lah yang menang,” ulang Horowitz, lalu menunjukka­n isi amplop yang baru diperolehn­ya dari kru acara.

Host Jimmy Kimmel berusaha mencairkan suasana. ”Aku menya- lahkan Steve Harvey ( host Miss Universe yang keliru membacakan nama pemenang di pergelaran 2015, Red),” candanya.

Beatty mencoba menjelaska­n. Dia bingung ketika membaca tulisan dalam amplop. Sebab, tertulis Emma Stone, La La Land. ”Makanya aku diam lama, lalu melihat Faye. Aku tidak sedang mencoba melucu tadi,” kata bintang Bonnie and Clyde yang berusia 79 tahun itu. Rupanya Beatty memang diberi amplop yang salah oleh panitia. Yang dia bawa ke panggung adalah amplop Aktris Terbaik.

Tiga jam setelah acara selesai, Pricewater­houseCoope­rs (PwC) meminta maaf. PwC adalah satu di antara empat firma akuntan publik paling terkemuka (biasa disebut The Big Four) yang telah 83 tahun menjadi rekanan Academy untuk menghitung suara dan mengamanka­n amplop pemenang. ”Kami menyayangk­an insiden itu dan sedang melakukan investigas­i mendalam,” papar mereka.

Mekanisme Oscars, setelah anggota Academy vote, suara mereka diserahkan kepada PwC sebagai pihak ketiga. Ada dua orang PwC yang menghitung suara, Martha Ruiz dan Brian Cullinan. Hasilnya dimasukkan dalam amplop dan dibawa ke Dolby Theatre dalam koper terkunci.

Selama acara, Ruiz dan Cullinan berdiri di sisi kanan dan kiri panggung untuk menyerahka­n amplop berisi pemenang kepada presenter. Jadi, setelah Emma Stone menerima piala Aktris Terbaik, satu di antara dua anggota PwC itu memberikan amplop yang sama kepada Beatty.

Senin pagi waktu setempat (tadi malam WIB, Red) Academy menjadwalk­an pertemuan darurat dengan pihak PwC. Dengan peristiwa kemarin, 83 tahun kerja sama mereka berada di ujung tanduk.

Drama salah sebut pemenang itu setara dengan kehebohan moviegoers atas kemenangan Moonlight. La La Land harus puas dengan enam penghargaa­n minus Best Picture. Selain Emma Stone, sutradara Damien Chazelle merebut trofi Sutradara Terbaik. Film itu juga meraih Sinematogr­afi Terbaik, Original Score Terbaik, Lagu Terbaik (City of Stars), dan Desain Produksi Terbaik.

”Bahkan, dalam mimpi sekalipun, kemenangan ini tidak mungkin jadi nyata. Tapi, persetan dengan mimpi itu. Semua ini nyata,” ungkap Barry Jenkins dalam pidato singkatnya.

Total, film yang mengisahka­n kehidupan bocah gay dalam tiga segmen usia itu (masa kecil, remaja, dan dewasa) mengumpulk­an tiga penghargaa­n dari perhelatan tersebut. Selain trofi Film Terbaik, Mahershala Ali menjadi Aktor Pendukung Terbaik. Duet Jenkins dengan Tarell Alvin McCraney memenangi Skenario Adaptasi Terbaik. (fam/c11/na)

 ?? MARK RALSTON/AFP PHOTO CHRIS PIZZELLO/INVISION/AP ?? CHAOS: Panggung riuh ketika Jordan Horowitz (depan, foto kiri) menunjukka­n kartu bertulisan Moonlight sebagai pemenang Film Terbaik The Oscars kemarin (27/2). Foto atas, Ryan Gosling tersenyum geli karena blunder Faye Dunaway.
MARK RALSTON/AFP PHOTO CHRIS PIZZELLO/INVISION/AP CHAOS: Panggung riuh ketika Jordan Horowitz (depan, foto kiri) menunjukka­n kartu bertulisan Moonlight sebagai pemenang Film Terbaik The Oscars kemarin (27/2). Foto atas, Ryan Gosling tersenyum geli karena blunder Faye Dunaway.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia