Jawa Pos

Stadion Baru Mulai Dibangun

-

IZIN dari Pemerintah Kota Roma untuk pembanguna­n stadion baru klub AS Roma akhirnya turun. Wali Kota Roma Virginia Raggi memberikan lampu hijau. Dengan begitu, Maret ini pembanguna­n stadion yang nanti bernama Stadio della Roma itu dimulai.

’’Ini merupakan sebuah perjalanan yang sangat panjang,’’ kata Presiden Roma James Pallotta sebagaiman­a dilansir ESPN. ”Tetapi, langkah berikutnya sudah di depan mata. Kami akan membangun sebuah stadion yang nanti klub dan kota ini bisa menunjukka­nnya ke seluruh dunia,’’ imbuhnya.

Kalau Olimpico saat ini mampu menampung lebih dari 70 ribu penonton, kapasitas stadion baru Roma nanti lebih sedikit, hanya 60 ribu penonton. Namun, desainnya lebih mewah dengan fasilitas penunjang yang keren serta menghabisk­an dana 1 miliar euro (setara dengan Rp 14,1 triliun).

Beberapa fasilitas penunjang yang tersedia, antara lain, pusat perbelanja­an, pusat hiburan, bar, restoran, dan sebuah Nike Super Store. Agar akses ke stadion lebih mudah, nanti ada stasiun kereta metro yang terkoneksi dengan Stasiun Roma–Lido.

’’Stadionnya modern, ramah lingkungan, dan berteknolo­gi terbaru, di atas semuanya, itu adalah seni yang menghormat­i lingkungan dan sekitarnya,’’ timpal Wali Kota Raggi.

Direktur Umum Roma Baldissoni berharap, Edin Dzeko dkk bisa pindah ke Stadio della Roma dalam tiga tahun ke depan. Dengan begitu, mereka bisa menjalani pertanding­an resmi di stadion baru pada musim 2021–2022. ’’Saya harus mengatakan bahwa pemerintah daerah telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam mengoordin­asikan semuanya,’’ kata Baldissoni sebagaiama­na dilansir Ansa. ’’Kami yakin mereka akan terus melakukan ini dan memastikan seluruh proses berjalan lancar hingga akhir, bahkan dengan perubahan yang akan dibuat,’’ tambah dia. (okt/c4/ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia