Jawa Pos

Slip Tilang Merah Bukan untuk Menakut-nakuti

-

SURABAYA – Teriknya sinar matahari tidak menyurutka­n semangat siswa MAN Surabaya untuk mengikuti rangkaian show Surabaya Smart Riding 2017 kemarin (1/3). Sosialisas­i tentang keselamata­n berkendara pun tetap berjalan penuh keseruan.

”Siapa yang belum punya SIM?” tanya Brigadir Arief Setiawan kepada para siswa. Serentak, siswasiswa menjawab sambil mengangkat tangan. ”Ya coba yang menga- cungkan tangannya kami data supaya bisa ditilang nanti,” lanjut polisi yang bertugas di Dikyasa Satlantas Polrestabe­s Surabaya tersebut. Tak pelak, candaan Arief tersebut mengundang gelak tawa para siswa.

Materi tilang memang menjadi salah satu yang disampaika­n tim Satlantas Polrestabe­s Surabaya kemarin. Selain itu, Arief meluruskan kabar yang beredar di media sosial. Yakni, mengenai pengguna jalan yang diberi slip merah ketika ditilang.

Kabar yang beredar, pemberian slip merah merupakan hal yang ilegal. Yakni, untuk menakutnak­uti pengendara agar membayar tilang kepada oknum polisi. Seharusnya mereka mendapatka­n slip tilang warna biru dari polisi. ’’Itu beritanya benar-benar salah,” tegas Arief.

Dia menjelaska­n, slip merah sudah seharusnya diberikan kepada orang yang melanggar aturan lalu lintas. Tujuannya, pelanggar bisa datang ke pengadilan negeri (PN) untuk mengikuti sidang. Mereka juga harus membayar denda sesuai dengan putusan hakim.

Adapun, slip biru diberikan jika pelanggar menyatakan tidak bisa menghadiri sidang. Dengan begitu, dia harus membayar denda maksimal ke bank yang ditunjuk oleh polisi. ’’Kalau nggak bawa STNK bayar Rp 250 ribu, kalau SIM Rp 1 juta. Mau bayar segitu?” tanya Arief. Para siswa kompak menggeleng­kan kepala tanda tidak setuju. ( bin/c7/fal)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PEGANG ERAT: Kasubnit Turjawali Polrestabe­s Surabaya Ipda Hairul Anwar menunjukka­n cara membonceng kepada siswa.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PEGANG ERAT: Kasubnit Turjawali Polrestabe­s Surabaya Ipda Hairul Anwar menunjukka­n cara membonceng kepada siswa.
 ??  ?? road
road

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia