Jawa Pos

Korek Informasi dari Saksi Kunci

KPK Periksa Petinggi Citilink

-

JAKARTA – Satu per satu saksi kunci kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat di PT Garuda Indonesia menjalani pemeriksaa­n di gedung Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK). Kemarin giliran Hadinoto Soedigno, mantan direktur teknik Garuda yang kini menjabat direktur produksi PT Citilink Indonesia.

Sebelumnya, penyidik KPK juga memeriksa Sallywati, orang kepercayaa­n Soetikno Soedarjo, bos Mugi Rekso Abadi (MRA). Soetikno berstatus tersangka bersama mantan Dirut Garuda Emirsyah Satar.

Dalam dua pekan terakhir, Hadinoto beberapa kali dipanggil penyidik untuk dimintai keterangan seputar pengadaan pesawat serta mesin pesawat Airbus SAS dan Rolls-Royce periode 2005–2014. ”Penyidik sangat membutuhka­n keterangan saksi tersebut (Hadinoto, Red),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

KPK menilai, rangkaian peristiwa suap yang terjadi pada rentang waktu 2005–2014 berkaitan dengan posisi Hadinoto kala itu. Sejumlah dokumen yang disita KPK menunjukka­n keterlibat­an Hadinoto dalam perkara suap senilai Rp 46 miliar tersebut. ”Tentu penting dalam perkara ini sampai beberapa saksi dicegah (ke luar negeri),” ujarnya.

Pendalaman dilakukan KPK dengan memeriksa pihak keluarga Hadinoto. Jumat (24/2) penyidik komisi antirasuah memeriksa dua anak Hadinoto. Yakni, Putri Anggraeni Hadinoto dan Rullianto Hadinoto. Pemeriksaa­n itu juga mengacu pada dokumen yang disita KPK saat awal-awal penyidikan.

Febri menjelaska­n, fakta-fakta dalam rangkaian peristiwa yang berkaitan dengan perkara suap akan ditelusuri satu per satu. Temuan itu diklarifik­asi kepada pihak-pihak bersangkut­an. Dengan demikian, penyidik mengetahui sejauh mana peran mereka dengan fakta atau bukti yang ada saat ini.

Sementara itu, Hadinoto menyatakan, perannya saat menjabat di Garuda tidak memiliki kaitan dengan Emirsyah. Begitu pula posisinya saat ini di Citilink. ” Nggak ada kaitannya,” ujarnya saat keluar dari gedung KPK kemarin. (tyo/c6/ca)

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? JADI SAKSI: Hadinoto Soedigno setelah diperiksa di gedung KPK, Jakarta, kemarin (2/3).
IMAM HUSEIN/JAWA POS JADI SAKSI: Hadinoto Soedigno setelah diperiksa di gedung KPK, Jakarta, kemarin (2/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia