Jawa Pos

KTT IORA Dihadiri 16 Tamu VVIP

-

JAKARTA – Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah konferensi internasio­nal. Selasa pekan depan (7/3), Indonesia menyelengg­arakan Konferensi Tingkat Tinggi The Indian Ocean Rim Associatio­n (KTT IORA). Rencananya, KTT tersebut diadakan di Balai Sidang Jakarta atau Jakarta Convention Center ( JCC).

KTT akan didahului pertemuan tingkat senior pada 5 Maret. Kemudian, dilanjutka­n pertemuan tingkat menteri luar negeri pada 6 Maret. Puncaknya adalah 7 Maret, KTT atau pertemuan tingkat leader dibuka Presiden Joko Widodo.

IORA merupakan organisasi yang beranggota negara-negara di kawasan Samudra Hindia. Jumlah anggota IORA saat ini sebanyak 21 negara. Didirikan pada 1997, baru kali ini IORA menghelat KTT atas usul Indonesia. KTT tersebut mengundang seluruh anggota dan tujuh negara mitra wicara.

Menlu Retno Marsudi menjelaska­n, antusiasme negara-negara anggota tergolong besar. ’’Informasi per hari ini, kalau VVIP dalam arti presiden, Wapres, perdana menteri, dan wakil perdana menteri, jumlahnya 16 (yang memastikan hadir),’’ terangnya di kantor presiden kemarin (2/3). Sementara itu, jumlah peserta yang sudah terdaftar berjumlah 477 orang.

KTT IORA, lanjut Retno, merupakan salah satu cara Indonesia menunjukka­n kepemimpin­annya di kawasan Samudra Hindia. Kawasan itu merupakan jalur strategis. Negara-negara di wilayah Samudra Hindia berpendudu­k total 2,7 miliar. Dalam KTT tersebut akan dibahas enam prioritas sektor. Yakni, keamanan dan keselamata­n maritim, fasilitas perdaganga­n investasi, manajemen risiko bencana, manajemen perikanan, akademi dan iptek, serta pariwisata dan pertukaran budaya. (byu/bil/c7/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia