Jawa Pos

MULAI WET LOOK HINGGA PENCEGAH LECET

Baru dipakai setahun atau dua tahun, warna mobilobil sudah tak cantik lagi? Mungkin ada yang kurang tepat dari cara merawat cat kendaraan. Bagaimana caraara menjaga dan mengembali­kan kilap mobil kesayangan?ngan?

-

SEDIKIT pemilik kendaraan yang menyadari bahwa pabrikan hanya membekali cat kendaraan dengan wax atau paint sealant yang hilang setelah beberapa kali mobil dicuci.

” Paint protection bawaan pabrik tidak ada yang bisa menjamin kualitasny­a. Mengingat wax atau sealent yang dipakai untuk mass production dan rush ordering. Jadi, kualitasny­a tentu tidak sebagus yang diharapkan,” ujar owner Autospa Jakarta Ferdy Elton.

Wax yang bertugas menjaga kilau cat mobil itu harus secara berkala diberikan ulang agar cat mobil tidak kusam. Faktor utama yang dapat mengurangi kualitas cat kendaraan adalah iklim, bahan kimia dari sampo mobil, hingga minimnya frekuensi pemilik mencuci mobilnya.

”Dengan lebih seringnya mencuci, otomatis noda tidak dibiarkan lama menempel di bodi. Karena noda itu yang bisa menyebabka­n jamur dan sebagainya,” ujar Ferdy.

Marketing Manager Protera Protection Hendrik menambahka­n, salah satu kebiasaan yang cepat merusak cat adalah mencuci mobil dalam kondisi terpanggan­g matahari. ”Hal itu tidak baik karena bisa memicu munculnya waterspot (bercak putih di badan mobil) dan jamur,” terang ng Hendrik.

Ada dua jenis paint protection. Yakni, wax biasa serta nano ceramic coating. Kualitas jenis yang kedua lebih baik. Bukan saja karena mampu melindungi warna mobil dari terik matahari maupun hujan, nano ceramic coating juga mampu menahan goresan halus dari luar.

” Coating akan menjadi bagian terluar dari bodi. Jika ada scracth halus, hanya bagian coating yang terluka, tidak langsung ke lapisan cat apalagi bodi mobil,” tambah Hendrik.

Jumlah lapisan coating yang diberikan pada mobil bermacam-macam. Antara satu lapis hingga sepuluh lapis, bergantung preferensi pemilik. Pemilik mobil sedan mewah biasanya meminta lapisan coating lebih banyak agar mobil terlihat basah ( wet look). ”Sekaligus menambahka­n perlindung­an,” beber Ferdy.

Pengaplika­sian coating tak boleh sembaranga­n. Ferdy menyaranka­n untuk lebih dulu melakukan auto detailing sebelum lapisan mobil diberi coating. Intinya, lapisan cat di bodi mobil harus dipastikan perfect sebelum dilapisi coating.

” Detailing berfungsi untuk mengangkat noda, paint correction, dan memastikan tidak ada scratch yang berarti,” urainya. (agf/c17/noe)

 ?? M. ALI/JAWA POS ?? KINCLONG: Wiraniaga menunjukka­n kekuatan coating yang mencegah goresan ringan.
M. ALI/JAWA POS KINCLONG: Wiraniaga menunjukka­n kekuatan coating yang mencegah goresan ringan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia