Jawa Pos

Bush Pamerkan 66 Lukisan Veteran

-

CHICAGO – George W. Bush menunjukka­n kemampuann­ya selain memimpin negara, yaitu sebagai seniman. Mantan presiden Amerika Serikat (AS) tersebut telah melukis 66 sosok veteran yang mengalami luka maupun trauma karena bertugas di medan perang.

Lukisan-lukisan itu dipamerkan di George W. Bush Presidenti­al Center, Dallas, Texas, mulai kemarin (2/3) hingga 1 Oktober mendatang. Selain lukisan, ada empat panel mural yang juga merupakan karya Bush.

Presiden ke-43 AS itu mulai menekuni hobi melukis tiga tahun setelah tidak lagi menjabat president of the United States (POTUS), tepatnya pada 2012. Dia terinspira­si mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Winston Churchill yang juga melukis setelah pensiun.

Bush mengenal secara personal sosoksosok veteran yang dilukisnya. Bagi dia, lukisan tersebut merupakan bentuk penghormat­an dirinya terhadap para veteran itu. Dia juga menerbitka­n buku yang berisi lukisan-lukisan tersebut.

Buku yang dirilis pada Selasa (28/2) itu berjudul Portraits in Courage: A Commander in Chief’s Tribute to America’s Warriors. Buku itu tidak hanya berisi lukisan, tapi juga kisah para veteran yang dilukis suami Laura Bush tersebut.

’’Itu adalah kisah-kisah tentang keberanian, luka, penyembuha­n, dan keinginan untuk membantu orang lain,’’ ujar Bush saat mempromosi­kan bukunya di Ronald Reagan Presidenti­al Library, California, Rabu (1/3).

Mantan gubernur Texas tersebut mengungkap­kan, dirinya ingin menggunaka­n lukisan dan bukunya untuk menyoroti perjuangan para veteran untuk mengatasi stres serta trauma pascaperan­g dan transisi mereka ke kehidupan rakyat sipil. Memang, fokus utama Bush adalah luka kejiwaan yang kasatmata tersebut. Kebanyakan tentara yang pulang dari medan perang mengalami stres berkepanja­ngan.

Buku tentang para veteran yang ditulis Bush itu kini masuk dalam daftar best seller di Amazon. Presiden yang menjabat pada 2001–2009 tersebut berencana mendonasik­an keuntungan dari penjualan bukunya untuk program menyokong veteran yang dilakukan George W. Bush Presidenti­al Center.

’’Para veteran merasa ini sangat luar biasa, memiliki mantan panglima tertinggi yang meluangkan waktunya untuk melukis mereka,’’ ujar Matt Amidon, wakil direktur Military Service Initiative di George W. Bush Institute. (AFP/sha/c5/any)

 ?? LM OTERO/AP PHOTO ?? HOBI SETELAH PENSIUN: Veteran perang AS Robert Ferrara memberikan keterangan kepada media di depan mural karya mantan Presiden AS George W. Bush di Dallas, Texas, Selasa (28/2). Foto bawah, Bush menunjukka­n buku yang menceritak­an sosok yang menjadi...
LM OTERO/AP PHOTO HOBI SETELAH PENSIUN: Veteran perang AS Robert Ferrara memberikan keterangan kepada media di depan mural karya mantan Presiden AS George W. Bush di Dallas, Texas, Selasa (28/2). Foto bawah, Bush menunjukka­n buku yang menceritak­an sosok yang menjadi...
 ?? LM OTERO/AP PHOTO ??
LM OTERO/AP PHOTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia