Jawa Pos

Hari Ini Pilih 5 dari 34 Pemain

Widodo Ikut Menyeleksi Timnas U-16 di Gresik

-

GRESIK – Seleksi terbuka untuk timnas U-16 dimulai kemarin. Sebanyak 231 pesepak bola muda ambil bagian dalam seleksi yang digelar di lapangan luar Stadion Gelora Joko Samudro. Anakanak itu dibagi dalam beberapa tim. Lantas, tim-tim tersebut diadu satu dengan yang lain seperti pertanding­an sepak bola pada umumnya.

Karena waktunya hanya 15 menit tiap pertanding­an, kesempatan untuk pamer skill di hadapan penguji harus dimanfaatk­an sebaik-baiknya oleh peserta seleksi. Suasana kompetitif pun tersaji. Anak-anak terlihat serius dan bersungguh-sungguh dalam seleksi yang dimulai pukul 07.00 itu. Apalagi, semangat mereka terpompa karena salah satu pengujinya adalah legenda sepak bola Indonesia, Widodo Cahyono Putro.

Setelah lebih dari tiga jam, akhirnya Askab PSSI Gresik menentukan pemainpema­in muda yang lolos ke tahap kedua. Sebanyak 34 pemain dinyatakan lolos seleksi. Di antara nama-nama yang lolos, ada empat pemain yang sebelumnya sempat lolos seleksi timnas U-19. Mereka adalah Bima Saputra, Fahmi Andrian Syahidah, Ihwal Faiq, dan Fanny Arian Syahidah. ’’Mereka kandas di seleksi Jawa Timur,’’ kata Ketua Askab PSSI Gresik Totok Basuki.

Sebanyak 34 pemain yang lolos itu akan kembali diseleksi pada hari ini pukul 14.00. Nantinya, hanya lima pemain yang kembali diseleksi di tingkat provinsi Jawa Timur. ’’ Lima pemain itu termasuk satu kiper,’’ sambung Totok.

Totok berharap pemain yang lolos benar-benar bisa membawa nama Gresik ke tingkat nasional. Dengan begitu, era kejayaan persepakbo­laan Gresik bisa kembali terulang. ’’Itulah kenapa kami panggil Widodo sebagai tim penguji,’’ terangnya.

Ini memang bukan yang pertama bagi Widodo sebagai penguji seleksi timnas usia muda di Gresik. Pada 2014, dia melakukan hal yang sama. Nama- nama seperti Dimas Drajad dan Satria Tama adalah hasil temuan pemain yang sempat meraih penghargaa­n Gol Terbaik pada Piala Asia 1996 itu.

Nah, Totok ingin mengulang hal serupa. Dia ingin melihat kembali anak muda Gresik berkostum timnas Indonesia. ’’Widodo juga bisa membagi pengalaman­nya untuk anak-anak. Biar ada semangat jadi pemain nasional,’’ tegasnya.

Sementara itu, Widodo mengungkap­kan, kualitas pemain muda U- 16 Gresik cukup bagus. Ada bakat dan semangat yang bisa membuat mereka maju ke level yang lebih tinggi. ’’ Tapi, harus bekerja keras lagi,’’ katanya.

Pria yang saat ini ditunjuk sebagai pelatih klub Sriwijaya FC itu mengungkap­kan sudah mengantong­i nama beberapa pemain yang skill- nya di atas rata-rata. Namun, dia belum mau membeberka­nnya. ’’Ada satu sampai dua yang bagus, tapi masih tahap awal. Masih ada seleksi berikutnya,’’ tegasnya. (rid/c17/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia