Jawa Pos

Muscab Demokrat Serentak Mulai Sabtu

-

SURABAYA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Jatim akhirnya memukul gong tanda dimulainya musyawarah cabang (muscab) untuk dewan pimpinan cabang se-Jawa Timur. Menurut jadwal, pembukaan dilaksanak­an pada Sabtu (4/3).

Ketua DPD PD Jatim Soekarwo secara simbolis akan membuka acara muscab DPC PD tersebut. Sementara itu, dewan pimpinan pusat (DPP) akan diwakili Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaa­n, dan Kaderisasi Pramono Edhie Wibowo. Meski bahasanya ’’serentak’’, tidak semua DPC seJatim menggelar muscab.

Sekretaris DPD PD Jatim Renville Antonio menyatakan, hanya ada 11 DPC se-Jatim yang melaksanak­an muscab serentak. Sisanya masih menunggu jadwal dari DPP dan musyawarah internal partai.

Saat ini, kata Renville, pengurus DPC se-Jatim mempersiap­kan diri untuk mengikuti rangkaian musyawarah serentak tersebut. Di antaranya, mendata ulang anggota serta pengurus di berbagai level dan tingkatan struktural partai. ’’Harus didata mana yang sudah meninggal, mana yang mengundurk­an diri, mana yang sudah jadi kepala desa, dan lain-lain,’’ katanya.

Saat ini, di DPD PD masih ada beberapa DPC yang dipimpin pelaksana tugas (Plt). Misalnya, Surabaya dan Mojokerto. Renville mengatakan, muscab diharapkan mampu mengisi jabatan-jabatan Plt itu agar mesin partai bisa segera bergerak maksimal.

Untuk mekanisme pemilihan, anggota DPRD Jatim tersebut menyatakan bahwa DPD PD tetap menggunaka­n prinsip musyawarah mufakat. Forum besar akan menga- jukan beberapa bakal calon. Musyawarah terus dilaksanak­an hingga mencapai kesepakata­n siapa yang akan menduduki pimpinan DPC.

Meski demikian, mereka yang akan maju untuk menjadi pimpinan DPC terlebih dahulu harus mendapatka­n dukungan dari kader di tingkat kecamatan. ’’Masing-masing juga harus punya blangko dukungan dari pengurus anak cabang (PAC),’’ ungkapnya. (tau/c7/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia