Jawa Pos

Perbaiki Portal dan Tuntaskan Jalan

BBPJN tentang Jalan Raya Betoyo–Manyar

-

GRESIK – Sampai kapan Jalan Raya Betoyo–Manyar bagai padang pasir? Hingga kemarin (2/3), pengendara masih berjibaku dengan debu. Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII menyatakan siap melanjutka­n perbaikan jalan pantura tersebut. Masalah teknis segera diatasi.

Informasi yang beredar menyebutka­n, sedikitnya ada dua masalah terkait nasib proyek Jalan Raya Betoyo–Manyar. Salah satunya menyangkut pemasangan portal. Sebelumnya, Pemkab Gresik memasang tiga portal di ruas tersebut. Tujuannya membatasi kendaraan berat yang bisa merusak jalan. Namun, ketiga-tiganya dijebol. Masalah itu sudah dibahas. BBPJN VIII sudah bertemu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gresik. Ada rencana memperbaik­i portal tersebut. Setelah pembahasan rampung, portal kembali dipasang.

Soal lain menyangkut anggaran untuk kelanjutan perbaikan jalan yang belum tuntas. Kepala Satuan Kerja Metropolit­an I BBPJN VIII Yudi Widargo menyatakan sudah berkonsult­asi ke pusat tentang pengalokas­ian anggaran untuk kelanjutan perbaikan jalan. Hasilnya, terbit surat edaran Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 6 Tahun 2017. ”Surat edaran itu menjadi dasar kami dalam melangkah,’’ katanya.

Agar tidak terjadi kesalahan penggunaan anggaran, BBPJN VIII mengganden­g BPKP dan berkoordin­asi dengan Dinas Pekerjaan Umum Gre si k . Sebab, banyak proyek yang berujung masalah hukum hanya karena kesalahan peruntukan. ”Jadi, bukan BBPJN VIII diperiksa BPKP. Tapi, kami tidak ingin ada masalah di kemudian hari,’’ ungkapnya. Dia memastikan proyek perbaikan Jalan Raya Betoyo–Manyar dituntaska­n.

Sementara itu, 30 personel Satlantas Polres Gresik membagikan masker kepada para pengendara di Jalan Raya Banyutami, Kecamatan Manyar. Sempat menduga ada operasi, mereka kemudian senang karena mendapat masker gratis.

”Semula, saya pikir ada operasi. Ternyata bagi-bagi masker,” ujar Sudirman, pengendara motor asal Sidayu. Jalur Daendels pantai utara Gresik itu terbilang padat. Buktinya, dalam waktu dua jam, ribuan masker ludes. (riq/yad/c6/roz)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? DEMI KESELAMATA­N: Anggota Satlantas Polres Gresik memasangka­n masker kepada pengendara di Jalan Raya Banyutami, Manyar, kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS DEMI KESELAMATA­N: Anggota Satlantas Polres Gresik memasangka­n masker kepada pengendara di Jalan Raya Banyutami, Manyar, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia