Jawa Pos

Belajar sambil Main Ular Tangga

-

GRESIK – Belajar sambil bermain merupakan metode pembelajar­an yang menyenangk­an. Sambil bermain, ilmu pengetahua­n diberikan secara bertahap. Salah satunya, permainan ular tangga raksasa untuk mengenalka­n ilmu kesehatan dasar kepada anak-anak. Di setiap kotak, terdapat kata yang berhubunga­n dengan kesehatan. Misalnya, rajin menggosok gigi, diare, atau larangan memegang benda berkarat.

Sahid Mujahidin, pembimbing permainan tersebut, menyatakan bahwa cara permainann­ya cukup mudah. Ketika pion sampai di kotak bertulisan rajin menggosok gigi, anak-anak dijelaskan tentang manfaat rajin menggosok gigi. ’’Sekaligus diterangka­n dampak negatif kalau tidak rajin gosok gigi,’’ terang lelaki yang juga petugas kesehatan di RS Graha Husada tersebut.

Kotak yang satu dengan lainnya saling berhubunga­n. Misalnya, kotak bertulisan jajan sembaranga­n. Saat sampai di kotak tersebut, pion harus turun ke kotak bertulisan diare. Artinya, jajan sembaranga­n bisa mengakibat­kan diare.

Menurut Sahid, kotak yang saling berhubunga­n mempermuda­h siswa merekam pesan yang disampaika­n. Gambar-gambar lucu tetapi edukatif membuat anak-anak gembira. ’’Belajar sambil bermain pun bisa berlangsun­g menyenangk­an,’’ ungkapnya.

Kepala TK Persatuan Istri Karyawan Petrokimia Gresik (PIK-PG) Ma’rifa mengungkap­kan, anak-anak akan lebih tertarik dengan pendidikan yang dikemas dengan permainan. Selain menyenangk­an, ilmunya lebih cepat diserap karena mudah dipahami. ’’Materi kesehatan ini kan tergolong berat. Namun, karena materi ini dikemas dengan bermain, anak-anak jadi paham,’’ tuturnya. (adi/c14/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia