Jawa Pos

Bupati Minta Guru Lebih Aktif

-

GRESIK – Peserta perkemahan Pramuka di halaman SDN 3 Sidokumpul heboh. Bupati Sambari Halim Radianto tiba-tiba datang menemui mereka. Dia juga mengingatk­an guru pembina dari setiap sekolah bahwa manfaat Pramuka itu sangat besar bagi generasi muda. ’’Pramuka itu amat penting. Terutama untuk melatih anak mandiri,’’ tuturnya kemarin (5/3).

Alumnus SDN 1 Sidomoro tersebut tidak datang sendiri. Dia didampingi Sekda Djoko Sulistio Hadi, Kepala Dispendik Mahin, dan sejumlah kepala SKPD. Dalam kunjungan singkat itu, Sambari mengumpulk­an seluruh pembina Pramuka yang mendamping­i perkemahan di SDN 3 Sidokumpul. Lelaki kelahiran 7 Agustus 1959 tersebut berdiskusi dengan hangat. Termasuk menanyakan alasan tidak semua peserta didampingi guru pembina. ’’Nah, nanti bisa ditanya. Para guru yang tidak ikut itu alasannya apa,’’ ujar Sambari.

Dia berharap para guru pembina itu aktif mendamping­i anak didik masing-masing. Sebab, pendidikan erat dengan keteladana­n. Guru merupakan kunci aplikasi pendidikan sejati. Pesan Sambari disambut positif. Para pembina menanyakan problem Pramuka di sekolahnya. Mulai kurangnya pembina, waktu yang bertabraka­n, sampai ketakutan menarik iuran untuk ekstrakuri­kuler Pramuka.

Sambari menegaskan, iuran Pramuka bukanlah pungli. Iuran itu semacam tabungan untuk kebutuhan siswa dalam berkegiata­n. Ada buku catatan administra­sinya. ’’Itu sesuai dasadarma ketujuh Pramuka: hemat, cermat, dan bersahaja,’’ jelas Sambari yang memang dikenal sebagai tokoh Pramuka. (hen/c14/roz)

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? PRAMUKA SEJATI: Bupati Sambari ( tengah) memberikan pengarahan kepada pembina pramuka peserta perkemahan di SDN 3 Sidokumpul kemarin.
EKO HENDRI/JAWA POS PRAMUKA SEJATI: Bupati Sambari ( tengah) memberikan pengarahan kepada pembina pramuka peserta perkemahan di SDN 3 Sidokumpul kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia