Jawa Pos

Kesempatan Kedua buat Thiago Silva

-

SEKALI mendayung dua tiga pulau terlampaui. Sepertinya begitu prinsip arsitek Brasil Adenor Leonardo Bacchi selama berada di Eropa sebulan terakhir. Pria yang akrab dengan panggilan Tite itu memang punya misi memantau pemain-pemain Samba yang bertebaran di Eropa.

Tite bertugas mempersiap­kan timnya menjelang dua laga pada kualifikas­i Piala Dunia 2018. Pertama, menjalani laga tandang versus Uruguay pada 23 Maret. Kedua, melakukan laga kandang melawan Paraguay pada 28 Maret.

Khusus laga Barcelona versus Paris Saint-Germain (PSG) dini hari nanti, pria 55 tahun itu akan mendapat keuntungan. Terdapat enam pemain Brasil yang dipantau Tite dalam laga 16 besar Liga Champions tersebut.

PSG memiliki koleksi pemain Brasil lebih banyak ketimbang Barca. Mereka adalah Thiago Silva, Marquinhos, Lucas Moura, dan Maxwell. Adapun di kubu Barca hanya ada dua nama, Neymar dan Rafinha Alcantara.

Nah, yang membikin Tite penasaran tentu penampilan Thiago di jantung pertahanan PSG. Ketika PSG membenamka­n Barca dengan skor telak 4-0, mantan pemain AC Milan itu cedera betis dan istirahat dua pekan.

’’Saya tidak ingin mendapat gam- baran secara terpotong-potong mengenai pertanding­an Barca melawan PSG. Setelah melihat bagaimana PSG menghancur­kan Barca dalam pertemuan pertama, menarik untuk diikuti bagaimana respons Barca pada pertemuan kedua,’’ tutur Tite kepada O Jogo.

Thiago senang bisa kembali masuk skuad Brasil. Pada era Dunga dan terjun di Copa America Centena- rio musim panas lalu, bek 32 tahun tersebut tidak dipanggil oleh Dunga. Dia tidak pernah mendapat keterangan jelas dari kapten Brasil di Piala Dunia 1994 itu mengapa dirinya dicampakka­n.

Tite memang punya rekam jejak berkebalik­an jika dibandingk­an dengan Dunga. Mantan pelatih Corinthian­s itu memberikan kesempatan yang sama kepada pemain-pemain Brasil meski bermain di kompetisi antah berantah. Termasuk pemain-pemain mereka di liga Tiongkok. ’’Saya secara objektif menilai pemain. Terserah apakah saya dianggap memberikan kesempatan kedua buat para pemain yang di era sebelumnya terlupakan oleh Brasil,’’ sebut Tite. (dra/c4/ham)

 ?? AFP PHOTO/FRANCK FIFE ?? DIPANTAU: Kapten PSG Thiago Silva dan kompatriot­nya Marquinhos. Mereka sama-sama berasal dari Brasil.
AFP PHOTO/FRANCK FIFE DIPANTAU: Kapten PSG Thiago Silva dan kompatriot­nya Marquinhos. Mereka sama-sama berasal dari Brasil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia