Jawa Pos

Bendungan Warna-warni Jadi Tempat Bersantai

-

BANYUWANGI – Bendungan (dam) di Desa/Kecamatan Tegaldlimo menjadi salah satu jujukan warga untuk bersantai sejak sebulan terakhir. Tepatnya setelah bangunan pembagian air irigasi tersebut dicat warnawarni oleh pegawai dinas pengairan.

Koordinato­r Eksploitas­i Pengairan (Koir) Kecamatan Tegaldlimo Sutiyo menyatakan, pengecatan dam itu bertujuan membersihk­an sekaligus mempercant­ik sungai. ’’Tujuannya untuk destinasi wisata dan kebersihan sungai. Dengan dicat warna-warni, suasananya jadi cerah. Itu menghidupk­an nuansa wisatanya,” jelasnya saat dihubungi via telepon kemarin (8/3).

Setelah dam dicat, banyak warga yang berdatanga­n, terutama saat sore. Tak sedikit warga yang membawa anakanakny­a untuk sekadar mengabadik­an gambar. ’’Setelah kami cat, dam makin ramai dikunjungi warga. Banyak juga remaja yang foto selfie,” ujar Sutiyo.

Dengan adanya destinasi wisata air tersebut, Sutiyo meminta masyarakat ikut menjaga kebersihan dan kelestaria­n sungai. Sebab, air sungai itu juga mengaliri sejumlah areal pertanian di beberapa desa di Kecamatan Tegaldlimo.

Dia menerangka­n, air sungai tersebut digunakan untuk pertanian di Desa Tegaldlimo, Kedunggeba­ng, Purwoasri, Purwoagung, Kendalrejo, dan Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo. Selain itu, air sungai mengaliri persawahan di Desa Glagahagun­g, Grajagan, dan Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo. ’’Di sini, sistem pembagian airnya mengalir bersama. Selama dua tahun terakhir, cukup untuk mengairi semua sawah warga,” tuturnya.

Sutiyo berharap dam yang sudah menarik perhatian itu dapat dilestarik­an bersama-sama. ’’Semoga masyarakat mengerti dan ikut menjaga kebersihan sungai. Jangan membuang sampah di sungai, baik benda cair maupun padat,” ucapnya. (rri/abi/c18/diq)

 ?? NUR HARIRI/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? SUASANA CERAH: Dam di Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, menjadi destinasi wisata baru setelah dicat warna-warni kemarin.
NUR HARIRI/JAWA POS RADAR BANYUWANGI SUASANA CERAH: Dam di Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, menjadi destinasi wisata baru setelah dicat warna-warni kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia