Jawa Pos

Sterilkan Rute Pawai Mulai Pukul 07.45

-

’’Kami menyiapkan ini sejak seminggu lalu. Sekarang tinggal finishing,’’ kata Umi Wahyu Purwanti, salah seorang staf diskominfo. Para seniman terlihat sibuk mengerjaka­n finishing lukisan pada kereta hias tersebut.

Selain mobil hias bertema Candi Pari dengan nuansa pepohonan yang rindang, kostum yang disiapkan maksimal. Sebab, dalam pawai budaya, staf diskominfo akan menampilka­n drama singkat sejarah Candi Pari. ’’Kami sudah siapkan kostumnya. Setiap tokoh dalam sejarah Candi Pari menggunaka­n kostum yang apik dan tentu megah dilihat,’’ jelas Umi.

Tidak hanya menampilka­n tokohtokoh sentral seperti Kiai Gede yang memiliki putri Nyai Loro Walang Angin dan Walang Sangit, dalam pertunjuka­n tersebut, akan ada gambaran aktivitas masyarakat lokal. Mulai bertani, beternak, nelayan, dan membatik. ’’Segala properti membatik, hewanhewan­an kami bawa,’’ kata Umi, lantas tersenyum.

Kontingen Kabupaten Sidoarjo juga akan menampilka­n cerita Putri Ayu Dewi Sekardadu. Sebuah mobil yang dihias dengan bentuk perahu sudah disiapkan. Ditambah segala kekayaan laut di dalamnya. Mereka akan menunjukka­n kehidupan masyarakat pesisir yang mayoritas sebagai nelayan.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo Kartini mengatakan, sebagai tuan rumah, perwakilan kontingen Sidoarjo harus bisa menampilka­n yang terbaik. Pembuatan mobil hias bertema kisah Putri Ayu Dewi Sekardadu itu melibatkan para seniman Sidoarjo.

Sejarah Dewi Sekardadu sangat legendaris di Kota Delta. Konon, saat meninggal, jenazahnya diarak ikan keting ke dekat pantai. Karena itu, ada salah satu desa di Sidoarjo yang dinamakan Desa Kepetingan atau Ketingan. ’’Dijamin bagus,’’ jelasnya.

Kartini menjelaska­n, pawai budaya akan start pukul 08.00 di Jalan Ahmad Yani dan finis di parkir timur GOR Sidoarjo. Total ada 67 peserta yang terlibat dalam pawai tersebut. Yakni, perwakilan 14 kabupaten/kota. Sebanyak 53 OPD di Sidoarjo juga akan berpar- tisipasi. Bukan hanya itu, pawai budaya akan dilanjutka­n pesta rakyat di parkir timur GOR Sidoarjo. Pemkab menyiapkan 7.500 porsi makanan khas Sidoarjo secara gratis. ’’Warga bisa ikut bergabung di GOR,’’ ucapnya.

Kasubnit 1 Unit Turjawali Polres Sidoarjo Ipda Cholil menjelaska­n, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dalam kegiatan pawai budaya tersebut. Mulai pukul 07.45 seluruh jalan yang dijadikan rute sepanjang sekitar 2 kilometer itu akan disterilka­n. ’’Kami juga sudah buat jalur alternatif untuk pengguna jalan umum,’’ ungkapnya.

Hari kedua FKPU kemarin diramaikan dengan kegiatan sarasehan budaya bertema Budaya Pesisiran di Ruang Delta Karya, Gedung Setda Sidoarjo. Sarasehan tersebut diikuti 100 seniman dari 14 kabupaten/kota. Di antaranya, Soekarno asal Sidoarjo, Rangga Bisma dari Blitar, dan dosen sejarah Unair Adrian Perkasa.

Tadi malam perwakilan Kabupaten Sampang, Probolingg­o, Pamekasan, Lamongan, dan Situbondo juga unjuk gigi di alun-alun. Mereka menampilka­n kesenian khas dari setiap daerah. (ayu/c15/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia