Jawa Pos

Mempertaha­nkan Unsur Tradisiona­l

-

SIDOARJO – Sekolah Pembanguna­n Jaya 2 menggelar gawe akbar kemarin (11/3). Berlokasi di Lippo Plaza Sidoarjo, mereka mengadakan Gebyar Sekolah Pembanguna­n Jaya 2. Mereka menampilka­n dance, band, fashion show, balet, tari tradisiona­l, kuda lumping, angklung, kolintang, paduan suara, serta band dengan anggota guru-guru.

Untuk kompetisi, ada fashion show with mom bagi anak usia 1,5–5 tahun. Selain itu, ada lomba mewarnai untuk anak TK serta modern dance. Peserta mencapai puluhan orang dari Sidoarjo, Surabaya, dan Malang. ”Ini acara tahunan kami. Mulai TK, SD, SMP, hingga SMA, semua berpartisi­pasi,” ujar Ririn Indriyanti, ketua panitia.

Kali ini, konsep yang diusung adalah Music Through the Nation. ”Jadi, waktu kompetisi modern dance itu, peserta wajib memasukkan unsur tradisiona­l,” jelas Ririn.

Misalnya, kostum peserta menggunaka­n kebaya atau belangkon. Peserta bisa menyisipka­n musik tradisiona­l seperti suara angklung dan gamelan. Bahkan, ada yang mengolabor­asikan dengan gerakan luwes tari tradisiona­l. ”Pokoknya, harus ada unsur tradisiona­lnya,” ucapnya.

Tujuannya, potensi tradisiona­l, baik musik maupun tari, tetap eksis. Pikiran kreatif dari peserta untuk menggabung­kan modern dan tradisiona­l juga bisa muncul. Selain itu, penonton tidak bosan karena penampilan­nya berbeda. ”Sentuhan tradisiona­l pun tetap bisa kekinian dan menarik,” katanya.

Selain beragam kompetisi, agenda tahunan itu menjadi ajang unjuk karya siswa. Ada tujuh stan yang menampilka­n produk kaus yang didesain sendiri oleh siswa, gelang, miniatur meja makan untuk hiasan, minuman dari belimbing wuluh, dan beragam barang dari bahan bekas. (uzi/c7/dio)

 ??  ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS AGENDA TAHUNAN: Stan yang menjual hasil karya siswa-siswi Sekolah Pembanguna­n Jaya 2 pada acara Gebyar Sekolah Pembanguna­n Jaya 2 di Lippo Plaza Sidoarjo kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS AGENDA TAHUNAN: Stan yang menjual hasil karya siswa-siswi Sekolah Pembanguna­n Jaya 2 pada acara Gebyar Sekolah Pembanguna­n Jaya 2 di Lippo Plaza Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia