Jawa Pos

Rp 3,7 Miliar untuk Meja-Kursi Siswa

-

GRESIK – Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik berupaya meningkatk­an kualitas sarana pendidikan dasar. Setelah memborong seribu unit komputer pada Februari lalu, dispendik kembali berbelanja besar-besaran untuk membeli meja-kursi siswa. Jumlahnya mencapai 3.856 pasang. ”Minggu depan barangnya sudah sampai semua,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendi­k) Gresik Mahin kemarin (11/3).

Pengadaan 3.856 pasang sarana tersebut dialokasik­an dari dana insentif daerah (DID). Anggaranny­a mencapai Rp 2,7 miliar. Itu belum termasuk anggaran Rp 1 miliar dari APBD untuk tahap berikutnya. Dengan begitu, total anggaran untuk pengadaan meja-kursi siswa mencapai Rp 3,7 miliar. ”Itu bagian dari pemenuhan SPM (standar pelayanan minimal, Red) pendidikan dasar,” terang Mahin.

Kasubbag Program Ronny A. Pangandahe­n menambahka­n, pengadaan sarana-prasarana itu khusus ditujukan untuk siswa sekolah dasar negeri (SDN). Pengadaan tersebut telah masuk dalam rencana umum pengadaan (RUP) 2017. RUP dilakukan melalui e-catalogue yang terkoneksi dengan lembaga kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah (LKPP). ”Meja-kursi didistribu­si ke 90 sekolah. Sudah ada data penerimany­a,” ujarnya.

Pengadaan itu dilakukan karena kebutuhan. Ronny menyatakan, banyak SDN, terutama di kawasan pedesaan, yang sarana meja-kursi untuk siswanya jauh dari kata layak. Ratarata sarana yang dipakai merupakan hasil pengadaan pada 1980-an. ”Karena itu, saat ini banyak kondisinya yang rusak parah,” imbuhnya. Nah, adanya fasilitas baru membuat para siswa lebih semangat dalam belajar.

Ronny menambahka­n, pengadaan tahun ini adalah lanjutan dari tahun lalu. Waktu itu Dispendik Gresik memborong 5 ribu unit meja- kursi. Fasili tas tersebut digelon torkan ke 111 sekolah, baik SD maupun SMP. Saat itu total anggaranny­a mencapai Rp 4,2 miliar. (mar/c24/ai)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ??
UMAR WIRAHADI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia