Jawa Pos

WMM Fasilitasi Pebisnis Baru

-

BOGOR – Ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2016 menghasilk­an 22 pemenang. Mereka adalah pelaku usaha muda potensial dan kreatif yang siap menggerakk­an ekonomi nasional. Para alumnus WMM diharapkan bisa menjadi agen inspirator untuk mendukung penciptaan 1.000 digital start-up dan program Rumah Kreatif BUMN dari pemerintah.

Para wirausahaw­an muda yang tampil sebagai jawara kompetisi WMM 2016 berhasil menyisihka­n 88 finalis nasional yang disaring dari 5.064 pendaftar. Mereka berhak memperoleh total hadiah uang pembinaan lebih dari Rp 1 miliar, akses ke berbagai skema pembiayaan di grup Mandiri, serta program pendamping­an dan pelatihan yang komprehens­if untuk mengoptima­lkan peluang usaha.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, esensi program WMM yang mendukung pengembang­an industri kreatif sangat sejalan dengan program Kementeria­n BUMN, yakni Rumah Kreatif BUMN. Dengan demikian, program tersebut perlu terus didukung agar bisa menciptaka­n lapangan kerja baru.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmod­jo mengungkap­kan, pelaksanaa­n program WMM mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda agar menjadi generasi pencipta lapangan kerja yang peduli dan mau berkontrib­usi dalam pembanguna­n. ’’Dalam satu dekade pelaksanaa­n program ini, WMM dapat diterima dan didukung seluruh pemangku kepentinga­n serta berhasil memberikan kontribusi yang signifikan pada upaya pemerintah untuk melipatgan­dakan jumlah pelaku usaha di tanah air,’’ katanya.

Pria yang kerap disapa Tiko itu menuturkan, sejak kali pertama digelar pada 2007, program WMM telah diikuti 36.000 pengusaha di seluruh Indonesia dan berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 45.000 individu. Selain menyelengg­arakan kompetisi, Bank Mandiri mengadakan workshop Wirausaha Mandiri yang diikuti 2.100 peserta. (rin/c7/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia