Jawa Pos

Masih Banyak Masalah, BPLS Dibubarkan

-

2007

Dibentuk pada 8 April 2007 berdasar Perpres Nomor 14 Tahun 2007. Tugas utamanya ialah menyelesai­kan masalah volume semburan lumpur, ganti rugi tanah dan bangunan korban, serta relokasi infrastruk­tur. Lumpur mulai dialirkan ke Kali Porong. Proses ganti rugi tanah dan bangunan dilakukan terhadap korban di luar peta area terdampak (PAT).

2008

Mulai muncul bubble gas dan terjadi penurunan eskalasi tanah. Terjadi di luar PAT, terutama di Jalan Raya Porong. Saat itu pula mulai dirancang relokasi Jalan Arteri Baru Porong (diresmikan).

2009

Ada pendapat dari berbagai pemerhati lingkungan bahwa lumpur yang dibuang ke Kali Porong diindikasi­kan bisa merusak lingkungan. BPLS lalu membuat pulau reklamasi di muara Kali Porong, tepatnya di Dusun Tlocor, Kedungpand­an, Jabon. Dinamai Pulau Sarinah. Pulau tersebut lalu ditanami bakau (mangrove) dan budi daya ikan bandeng. Februari 2017 pulau itu diserahkan kepada Kementeria­n Kelautan dan Perikanan.

2012-2016

Setiap tahun, sekitar Januari–Februari, banjir besar terjadi di Jalan Raya Porong. Ketinggian air 50 sentimeter hingga 2 meter. Kondisi tersebut membuat ekonomi tersendat. Pompa air disiagakan di beberapa titik. Selain itu, ada peninggian rel kereta api. Pada 2017 sudah tidak ada banjir.

2016-2017

Mulai mengadakan pelatihan untuk masyarakat seputar tanggap bencana di sekitar daerah bencana. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi agar masyarakat lebih siap menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa muncul.

2015

Baru ada dana talangan pemerintah untuk pelunasan warga di dalam PAT. Dengan jaminan sertifikat tanah milik warga. Targetnya, harus diselesaik­an dalam waktu empat tahun. Sampai saat ini sudah ada setidaknya 34 berkas yang belum lunas. Problem utamanya adalah masalah waris.

2014

Pembayaran ganti rugi tanah dan bangunan di luar PAT sudah rampung. Tapi, pembayaran bagi korban di dalam PAT belum selesai, masih menunggu PT Minarak Lapindo

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ??
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS
 ?? GHOFUUR EKA F/JAWA POS ??
GHOFUUR EKA F/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia